Tips Bikin CV untuk Fresh Graduate, Harus Ditulis Bahasa Indonesia atau Inggris?

Ilustrasi wanita karier atau bekerja. shutterstock.com

karir

Tips Bikin CV untuk Fresh Graduate, Harus Ditulis Bahasa Indonesia atau Inggris?

Kamis, 13 Januari 2022 15:11 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesempatan untuk bekerja selama pandemi dinilai orang semakin sulit. Lowongan kerja yang semakin sedikit, tidak seimbang dengan persaingan kerja yang semakin banyak. Maka dari itu, kualitas diri yang dituangkan dalam Curriculum Vitae (CV) serta kemampuan untuk mencari kerja secara online sangat dibutuhkan, terutama bagi para fresh graduate untuk bersaing.

Manajer Rekrutmen PT. Nutrifood Indonesia Dian Mariani memberikan beberapa tips untuk mencari kerja secara online melalui banyak website. Ia pun membagikan tips membuat CV yang menarik.

Dian mengatakan bahwa kini sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja secara online melalui banyak website pencarian kerja. “Banyak banget informasi yang ada di internet, just a jempol away. Jadi, teman-teman tinggal klik-klik-klik sudah dapat informasi ada kerjaan di mana saja, lokasinya dimana, posisinya apa, kerjanya apa, perusahaannya apa,” kata Dian dalam webinar Lokalate “Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia” pada Kamis, 13 Januari 2022.

Dian menyarankan untuk melakukan riset mendalam terhadap perusahaan yang diinginkan. Terdapat beberapa hal penting yang harus dicari selama proses riset, yaitu:

1. Skala perusahaan Perusahaan ini skalanya seperti apa, apakah multinasional, lokal, campuran, atau perusahaan tersebut lokal tapi dibeli secara multinasional. Informasi tersebut bisa digunakan sebagai persiapan seseorang saat melamar ke perusahaan tersebut.

2. Kepemilikan Siapa pemilik dari perusahaan yang ingin dilamar, apakah dia Badan Usaha Milik Negara (BUMN), milik perseorangan, partners, campuran?

3. Bisnis modelPerlu untuk mengetahui bisnis model dari perusahaan yang hendak dilamar, apakah modelnya Business to Business (B2B) atau Business to Consumer (B2C), dan lainnya.

4. Industri Perusahaan tersebut masuk ke dalam industri mana, apakah menghasilkan produk atau jasa. Bentuk produk dan jasa yang dihasilkan pun harus diketahui oleh pelamar.

5. Value Nilai penting bagi perusahaan tersebut, seperti apa budaya dan struktur di dalamnya.

Setelah melakukan riset mendalam, hasil riset tersebut disesuaikan dengan diri pelamar. Sudah sesuai atau belumkah kriteria perusahaan dengan yang dimiliki pelamar.

Selain itu, Dian juga memberikan tips agar pelamar dilihat oleh perusahaan tersebut. Ia menyarankan agar pelamar mencari tahu acara tahunan dari perusahaan tersebut, kalau ada, seperti apa bentuk acaranya, serta bagaimana cara mengikuti acara tersebut. “Kalau misalnya teman-teman sebagai mahasiswa sering banget ikutan event kami, biasanya kami lebih aware dengan mahasiswa ini,” kata Dian.

Salah satu persyaratan umum yang pasti diminta oleh setiap perusahaan adalah Curriculum Vitae (CV). Sebelum membuat CV, pastikan sudah mengetahui cara perusahaan tersebut memproses kandidat. Dian memberikan sedikit tips dan trik untuk membuat CV personal:1. Menggunakan bentuk poin-poin.2. Terdiri dari: data pribadi, pendidikan/pelatihan, pengalaman organisasi dan profesional, dan kepentingan lain.3. Pengalaman dan pencapaian organisasi terkait dengan posisi yang dilamar.4. Perhatikan detail: margin, salah ketik, dan foto.5. Jangan terlalu panjang, maksimal dua halaman saja.6. Nomor kontak atau email yang tertera harus masih aktif dan sering digunakan.7. Sertifikat belum diperlukan saat aplikasi pertama, jika perusahaan butuh pasti akan dimintakan saat kandidat diproses.8. Penggunaan Bahasa Inggris atau Indonesia dalam CV sama sekali tidak berpengaruh, lebih baik pilih satu bahasa dan tidak dicampur-campur. Kecuali ingin melamar ke perusahaan multinasional, maka diharuskan menggunakan Bahasa Inggris.9. Bagi yang bingung untuk mendaftar ke posisi apa, silahkan tulis “Any Positions”, nanti bagian HR yang akan menentukan berdasarkan CV.

Tips dan trik di atas diharapkan dapat membantu banyak pencari kerja, terkhusus kepada para fresh graduate yang masih sangat baru dalam dunia kerja. Mempersiapkan dan memperbaiki diri merupakan kunci menuju kesuksesan dalam dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan.

Baca: Fresh Graduate Bisa Dapat Gaji Tinggi, Jeli Pilih Jurusan Kuliah

BERNADETTE JEANE WIDJAJA