Selain Urusan Gaji, Sebaiknya Hindari 6 Topik Obrolan Ini dengan Rekan Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rekan kerja termasuk orang yang sering Anda temui dalam keseharian, bahkan bisa menjadi teman mencurahkan isi hati atau curhat. Namun bukan berarti Anda bisa berbagi semua hal kepadanya saat mengobrol. Mengingat Anda dan rekan kerja berada dalam lingkungan profesional, ada baiknya menyimpan sejumlah informasi demi kebaikan bersama. 

Berikut sejumlah informasi yang sebaiknya disimpan dari rekan kerja di kantor seperti dikutip dari laman Times of India pada Senin, 10 Agustus 2020

1. Informasi gaji

Tak peduli seberapa dekat dengan rekan kerja, sebaiknya jangan membagikan nilai gaji Anda. Pengungkapan informasi gaji menunjukkan bahwa Anda tidak mampu menjaga kerahasiaan hal-hal profesional dan juga dapat menyebabkan perbandingan dan memicu masalah yang tidak perlu.

2. Riwayat medis

Usahakan merahasiakan masalah kesehatan Anda sendiri. Teman kerja Anda mungkin akan memahaminya sebagai beban pekerjaan tambahan dari Anda.

3. Detail intim

Kehidupan pribadi Anda mungkin tak terlalu menarik bagi orang lain, termasuk rekan kerja. Jadi, jangan ceritakan kehidupan pribadi Anda yang intim pada mereka. Mereka mungkin saja menggunakan informasi ini untuk melawan Anda pada waktu lain.

4. Keluhan kerja

Mengeluh tentang beban kerja, tingkat stres, atau perusahaan Anda, tidak terlalu banyak membantu. Jika Anda tidak suka dengan kebijakan perusahaan, tujukan ke orang yang bersangkutan. Jangan terus mengeluh tentang pekerjaan kepada orang-orang yang melakukan tugas sama dengan Anda.

5. Perubahan gaya hidup

Anda mungkin makan bersih, berolahraga, dan punya pacar baru. Atau Anda menjauhi pola makan yang sehat, seperti makan kentang goreng sambil duduk di sofa sepanjang akhir pekan. Mereka tidak peduli akan hal-hal itu.

6. Pandangan rekan kerja yang negatif

Bila Anda tidak suka dengan gaya hidup rekan kerja, kemampuan profesional, hadapi orang itu. Jika Anda tidak ingin melakukannya, jangan seenaknya berbicara negatif tentang rekan kerja itu kepada orang lain. Anda tidak ingin kontroversi di tempat kerja Anda, bukan?

7. Komentar rasis

Berharap bahwa rekan kerja tidak akan tersinggung jika Anda membuat lelucon rasial? Anda salah. Lelucon rasis sangat berisiko menyinggung, meskipun Anda melontarkan di depan teman paling dekat.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."