5 Ramuan Kunyit Ini Bisa Bantu Atasi Jerawat, Ada Kunyit dan Madu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kunyit. Unsplash.com/Chinch Le Duc

Ilustrasi kunyit. Unsplash.com/Chinch Le Duc

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa bermanfaat untuk merawat kulit secara alami. Komponen aktif yang kuat di dalam kunyit seperti curcumin dan polifenol diyakini bisa mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Berkat sifat antibakteri, antiperadangan, dan memiliki efek terapi pada kulit, kunyit bisa membantu mengobati jerawat sekaligus bekasnya. Seperti apa contoh ramuan kunyit untuk atasi jerawat?

Berikut lima ramuan alami yang menggunakan kunyit untuk redakan jerawat seperti dilansir dari laman Boldsky

1. Kunyit dan madu

Madu memiliki kandungan mineral dan vitamin yang mampu membuat kulit menjadi lebab dan lembut. Jadi ketika kunyit bekerja melawan jerawat di kulit, kandungan antibakteri pada madu akan menekan pertumbuhan bakteri pada kulit sekaligus melembutkan kulit.

Bahan yang dibutuhkan adala; satu sendok teh kunyit bubuk, dan setengah sendok teh madu murni.

Campur kedua bahan di dalam wadah bersih, kemudian oleskan pada seluruh wajah dan bagian kulit yang berjerawat. Biarkan selama sepuluh hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Kunyit dan lemon

Lemon memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga kulit bersih dari bakteri berbahaya. Selain itu, lemon juga memiliki sifat antiseptik yang berpotensi mengeringkan jerawat yang paling keras kepala.

Anda cukup mencampur setengah sendok teh kunyit bubuk dengan satu sendok makan jus lemon segar. Gunakan campuran itu sebagai masker wajah atau oleskan pada kulit yang bermasalah. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air bersih.

3. Kunyit dan lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman obat yang cukup terkenal karena efektif melawan jerawat dan memiliki kandungan antiseptik dan anti peradangan yang mampu mengobati luka pada kulit secara cepat.

Anda hanya membutuhkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan dua sendok makan gel lidah buaya. Lalu campur kedua bahan tersebut dalam wadah bersih hingga rata, kemudian oleskan ke bagian kulit yang membutuhkan. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Kunyit dan susu

Susu mengandung asam laktat yang mampu membersihkan kulit dari bakteri berbahaya dan bila dicampur dengan kunyit, tentunya cukup untuk mencegah timbulnya jerawat.

Campur dua sendok makan susu cair dengan setengah sendok teh bubuk kunyit di dalam wadah bersih. Masukan kapas bersih ke dalam campuran tersebut, hingga cairan kunyit susu menyerap ke kapas.

Gunakan kapas yang sudah dibasahi campuran itu sebagai kompres di wajah. Biarkan selama 10 menit hingga kapas agak mengering, kemudian bilas wajah menggunakan air bersih.

5. Kunyit dan yoghurt

Asam laktat yang terkandung dalam yogurt dapat membantu pengelupasan kulit secara ringan, supaya wajah tetap bersih dan bebas jerawat untuk waktu yang lama.

Anda cukup mencampur dua sendok makan yoghurt dengan setengah sendok teh kunyit bubuk dalam wadah bersih, hingga tercampur rata.

Oleskan campuran itu pada kulit yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas hingga bersih menggunakan air bersih.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."