Selain sebelum Berolahraga, Ini Waktu Terbaik Minum Teh Hijau

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. TEMPO/Charisma Adristy

Ilustrasi teh hijau. TEMPO/Charisma Adristy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh hijau kaya akan manfaat untuk kesehatan. Mulai dari bantu menurunkan berat badan, atasi masalah pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menenangkan pikiran, hingga baik untuk kesehatan jantung dan otak. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari teh hijau, penting untuk dikonsumsi pada waktu yang tepat.

Studi menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk minum teh yang berasal dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) ini adalah di pagi hari dan sebelum berolahraga.

Sebaliknya, minum teh hijau setelah makan dan di malam hari adalah yang terburuk dari semuanya. Ada berbagai jenis senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, yang dapat mengikat mineral di dalam makanan dan dapat menghalangi penyerapannya di dalam tubuh. Besi, tembaga, dan kromium adalah beberapa mineral yang mungkin tidak diserap oleh tubuh jika Anda minum teh hijau segera setelah makan.

Menyeruput secangkir teh hangat sebelum tidur mungkin tampak seperti ide yang bagus, tetapi sebenarnya tidak. Lagi-lagi kandungan kafein dalam teh hijau mungkin akan membuat Anda sulit untuk tertidur. Ini juga dapat menyebabkan kecemasan, tekanan darah tinggi, dan kegugupan.

Kandungan kafein dalam secangkir teh hijau tergantung pada durasi waktu pemberian dan jumlah teh. Teh hijau mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan dengan teh hitam dan kopi. Secara umum, 230 ml teh hijau mengandung 20-45 miligram kafein, yang jauh lebih sedikit dari jumlah kafein yang ditemukan dalam kopi dan teh.

Selain kafein, teh hijau juga mengandung L-theanine. Keduanya dapat membantu meningkatkan suasana hati dan daya konsentrasi.

Jika motif Anda adalah membakar lemak, maka minumlah teh hijau sebelum berolahraga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan ini dapat meningkatkan proses pembakaran lemak selama latihan.

Untuk memaksimalkan efek positif teh hijau, dan membuatnya terasa lebih enak, cobalah menggunakan air hangat untuk menyeduhnya. Air dengan suhu antara 160 dan 180 derajat adalah yang terbaik.

Jangan menyeduh teh hijau lebih dari 2-3 menit. Lebih sedikit waktu akan mencegah daun teh melepaskan rasanya, sementara lebih banyak waktu akan membuat teh Anda pahit.

Menambahkan 2 gram daun teh ke 177 ml air adalah rasio yang tepat untuk membuat secangkir teh yang sehat dan enak. Anda bisa menambahkan beberapa daun mint, jus lemon dan satu sendok teh madu ke dalam teh hijau Anda untuk meningkatkan rasanya.

TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."