11 Tahun Menikah, Titi Kamal Ungkap Kunci Langgeng dengan Christian Sugiono

(Paling kanan) Titi Kamal dan suami, Christian Sugiono. Keduanya menikah pada 6 Februari 2009. Instagram/@titi_kamall

cinta

11 Tahun Menikah, Titi Kamal Ungkap Kunci Langgeng dengan Christian Sugiono

Sabtu, 30 Januari 2021 11:03 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Titi Kamal dan aktor Christian Sugiono telah menikah selama 11 tahun. Sebelum itu, keduanya sudah berpacaran selama 10 tahun. Terbilang 21 tahun mereka sudah bersama-sama dan jarang terlihat konflik. Titi Kamal mengakui berkrompomi salah satu kunci kelanggengan mereka selama ini.

"Udah pasti kompromi. Udah pasti ketemu di tengah, ada sifat dia gak suka, ada sifat aku yang dia gak suka. Kita ketemu di tengah," ucap Titi Kamal saat menjadi bintang tamu di vlog YouTube The Hermansyah A6, 12 Januari 2021.

Titi mengungkapkan hobi travelling mereka juga jadi rahasia mengatasi kebosanan dalam pernikahan. Bukan bosan dengan pasangan, tapi bosan dengan rutinitas, menurut Titi Kamal.

"Kadang kalau kita lagi bosen nih, kitanya yang lagi bosen sama keadaan ya, bukan sama dia. Kita jalan-jalan yuk. Untungnya sama-sama seneng travelling. Jadi, tuh bisa dibilang kebosenan kita lariin milih-milih mo ke negara apa yang aneh-aneh. Jadi, quality time lagi. Seru senang lagi," tukas perempuan 39 tahun itu.

Dalam membina rumah tangga, Titi Kamal menyebutkan bahwa perlu memahami rambu-rambu yang bisa membuat pasangan kesal, marah, dan cemburu. Salah satu yang Titi ceritakan adalah saat Christian sudah bersikap atau berbicara tegas berarti ada hal yang ia lakukan dan membuatnya kesal.

Bicara soal cemburu, Titi mengaku sangat percaya dengan Christian. Di matanya, Christian bukan tipe pria yang tebar pesona saat di luar rumah. "Tian tuh kalau masuk kafe, bener-bener lurus aja. Enggak pake nengok kanan kiri lihat segala macem. Lurus meja itu, jebret duduk. Ngobrol, ngobrol aja," ungkapnya.

Baca juga:

Titi Kamal: Ternyata Kai Attar Lebih Usil Ketimbang Arjuna

Meski Christian tak tebar pesona, tak berarti ii atak pernah cemburu dengan sang istri. Saat Titi Kamal kumpul bersama sahabat prianya, Christian menunjukkan kecemburuannnya lewat pertanyaan yang dianggap kode oleh Titi Kamal.

" 'Kok setiap kali nongkrong rame-rame, selalu ada', ya. Kayak gitu doang ngomongnya. Oh berarti udah kode, enggak boleh sering-sering. Kita harus lebih peka maksudnya," imbuh bintang film Mendadak Dangdut itu.

Mereka berdua juga sepakat tidak menerima tawaran film yang ada adegan ciuman. Komitmen itu sudah mereka terapkan sejak masa pacaran. Meski cuma berlakon, adegan tersebut bisa memancing kecemburuan di antara mereka. 

"Kita sama-sama komitmen gak bisa (berciuman). Jadi, emang aku terima film yang gak ada adegan ciuman," kata Titi Kamal.

Titi Kamal menikah dengan Christian Sugiono pada 6 Februari 2009. Keduanya telah dikaruniai dua putra, Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono. Titi masih berharap mendapatkan putri, namun memilih menunda kehamilan selama masa pandemi ini.