Selain Olahraga, Ini 4 Cara Menurunkan Berat Badan di Masa Menopause

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menopause. shutterstock.com

Ilustrasi menopause. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam dampak yang dirasakan wanita saat menopause. Mulai dari hot flushes, ketidakseimbangan hormonal, hingga penambahan berat badan. Kenaikan berat badan selama menopause terjadi karena penurunan kadar estrogen, kurang tidur, penuaan, dan lain-lain.

Saat berat badan mudah naik, wanita yang sudah tidak mengalami siklus menstruasi lagi butuh berjuang ekstra untuk menurunkannya kembali. Tapi, menambah makanan tertentu dalam diet dan menerapkan gaya hidup yang lebih baik bisa membantu.

Berikut sederet tips menurunkan berat badan untuk wanita yang mengalami menopause seperti dilansir dari Pink Villa, Sabtu, 16 Januari 2021

1. Diet rendah karbohidrat

Untuk menjaga metabolisme dan menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat adalah yang terbaik. Hindari karbohidrat berlebih dan konsumsi makanan yang kaya protein dan lemak. Makan makanan seperti ikan, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu tinggi lemak, lemak, minyak sehat, dan lainnya.

2. Makanan berserat tinggi

Konsumsi makanan seperti kubis Brussel, biji rami, alpukat dan brokoli yang tinggi serat untuk meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan pada perempuan di masa menopause.

Baca juga: Wanita Menopause Rentan Terkena Penyakit Jantung, Ini Alasannya

3. Berolahraga setiap hari

Melakukan senam aerobik secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk otot. Latihan ketahanan juga dapat membantu meningkatkan kehilangan otot terkait usia dan menghilangkan lemak membandel di sekitar perut yang dialami wanita menopause.

4. Tidur cukup

Karena gangguan metabolisme dan perubahan tubuh, perempuan yang sudah tidak haid lebih dari satu tahun mungkin mengalami gangguan tidur. Kurang tidur juga bisa menjadi alasan kenaikan berat badan. Jadi pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk mencegah penambahan berat badan.

5. Perubahan gaya hidup

Ubah rutinitas harian atau menggabungkan latihan dan aerobik. Perubahan gaya hidup bisa sangat efektif dalam menurunkan berat badan dengan cepat.

MILA NOVITA | PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."