Selain Olahraga, 4 Kebiasaan Sehat Ini Bantu Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita diet. Freepik.com/Schantalao

Ilustrasi wanita diet. Freepik.com/Schantalao

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah kebiasaan sehat yang sering dianjurkan untuk menurunkan berat badan adalah olahraga. Direkomendasikan berolahraga selama 30 menit setiap hari. Misalnya, berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang atau aerobik. Aktivitas latihan fisik tersebut bisa membakar rata-rata 100 kalori per hari.

Selain olahraga, ada sejumlah kebiasaan sehat yang bantu menurunkan berat badan. Contohnya tak melewatkan sarapan hingga menyantap makanan rendah kalori. 

4 Kebiasaan Sehat yang Bantu Menurunkan Berat Badan

1. Sarapan 

Jangan pernah memulai pagi Anda tanpa sarapan. Tubuh membutuhkan tenaga untuk beraktivitas dan meningkatkan kinerja. Jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan cenderung lesu dan sulit berkonsentrasi hingga jam makan siang tiba. Tidak perlu makan banyak saat sarapan. Anda bisa menikmati buah segar, sereal, atau granola bar dan segelas susu.

2. Makan Tepat Waktu

Banyak pelaku diet yang menghindari jam makan 3x sehari demi "memotong kalori". Padahal, pola pemikiran ini keliru. Dengan melewatkan jam makan 3x sehari, Anda justru akan tersiksa rasa lapar dan sulit mengendalikan nafsu makan. Alhasil, Anda akan lebih mudah tergoda menikmati makanan yang kurang sehat, jajan di luar rumah, dan membeli makanan cepat saji yang berkalori tinggi.

3. Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Buatlah pilihan menu protein tanpa lemak dalam seminggu agar tidak bingung saat berbelanja. Sebagai contoh, susu rendah lemak, telur, ayam tanpa kulit, dan daging tanpa lemak. Anda juga bisa mendapatkan dari ikan, daging sapi, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Tempe, tahu, dan jamur juga bisa dimasukkan ke daftar masakan agar menu Anda lebih bervariasi.

Hindari makanan hewani yang tinggi lemak jenuh, seperti daging sapi berlemak dan produk susu berlemak tinggi.

4. Perbanyak Makan Sayur, Buah, Biji-bijian, dan Kacang-kacangan

Makanan nabati seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian mengandung banyak serat, vitamin, air, dan antioksidan. Zat-zat ini sangat penting bagi tubuh sekaligus sangat rendah kalori. Diet tinggi makanan nabati akan membantu Anda dalam menangkal serangan berbagai penyakit. Contohnya seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."