5 Trik Atasi Rasa Takut pada Jarum Suntik Menurut Pakar

Ilustrasi vaksin COVID-19 atau virus corona. REUTERS/Dado Ruvic

ragam

5 Trik Atasi Rasa Takut pada Jarum Suntik Menurut Pakar

Minggu, 17 Januari 2021 18:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Vaksinasi COVID-19 di Indonesia resmi dimulai pada Rabu, 13 Januari 2021. Kegiatan vaksin yang erat kaitannya dengan penggunaan jarum suntik menjadi tantangan tersendiri bagi sejumlah orang yang takut pada jarum suntik. Termasuk kamu?

Takut pada jarum suntik bisa dipahami. Bisa jadi dipicu trauma, membayangkan sakitnya kulit tertembus jarum, dan lain sebagainya. Bahkan ada orang yang sudah masuk tahap lanjut dari ketakutan yakni fobia. Melihat jarum suntik saja membuatnya merasa pusing, jantung berdebar, mual, sampai pingsan.

Menurut Direktur Medis AdventHealth Centra Care Urgent Care, Timothy Hendrix, takut disuntik itu normal. "Kebanyakan orang yang saya temui tidak suka jarum," katanya seperti dikutip dari laman AdventHealth. Hanya, ia berharap ketakutan terhadap jarum suntik jangan sampai mempengaruhi kondisi kesehatan jangka panjang.

Bagi kamu yang takut jarum suntik, berikut lima tips yang dapat kamu lakukan sebelum dan saat disuntik

1. Ubah pola pikir

Mungkin terdengar mudah diucapkan, tapi ini sulit dilakukan. Coba pikirkan dulu apa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah divaksin. Tubuhmu akan lebih kebal terhadap penyakit. Dan sehat menjadi modal utama setiap orang dalam beraktivitas.

Disuntik memang sakit. Tapi itu hanya sementara. "Berpikir positif akan membantu meningkatkan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit tersebut," tutur Hendrix.

2. Petugas kesehatan

Pastikan kamu disuntik oleh tenaga medis yang mumpuni. Petugas kesehatan yang berpengalaman sudah tahu bagaimana menentukan titik tempat menyuntik, memandu orang yang disuntik dalam mengatur napas (kapan menarik dan menghembuskan napas), serta prosesnya berlangsung cepat.

3. Mengalihkan perhatian

Kamu bisa mengalihkan perhatian ketika hendak disuntik. Misalkan melihat ke ponsel, sambil berhitung, melihat gambar yang menarik, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa melewatkan momentum disuntik dengan baik.

4. Dampak dari ketakutan

Kalau kamu ketakutan setengah mati saat hendak disuntik, bisa jadi reaksimu akan membuat petugas kesehatan menjadi grogi. Jangan sampai kondisi ini merugikanmu karena bisa jadi proses penyuntikan bisa terasa lebih sakit dari yang sebenarnya.

5. Hadapi ketakutanmu

Tak ada jalan selain menghadapi ketakutanmu akan jarum suntik. Hadapi dengan tenang dan ikuti instruksi dari petugas kesehatan.

Kendati vaksinasi COVID-19 dilakukan secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan 5M untuk mencegah infeksi COVID-19. Lima M itu adalah memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

RINI KUSTIANI | ADVENTHEALTH | HEALTHLINE