Cara Benar Membuang Bekas Kotak Susu UHT

Ilustrasi anak minum susu (Pixabay.com)

ragam

Cara Benar Membuang Bekas Kotak Susu UHT

Senin, 14 Desember 2020 20:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua orang kini familiar dengan minuman kemasan dari bahan karton. Beragam minuman dan bahan masakan, seperti susu UHT, jus, yogurt, sampai santan terbungkus di dalam kotak ini.

Jika orang tahu bagaimana cara membuang botol plastik air mineral, maka sebaiknya masyarakat juga tahu cara membuang kemasan bekas minuman dari bahan karton. Cara membuang botol plastik air mineral adalah dengan meremasnya sehingga udara yang terkandung di dalam botol kosong berkurang, kemudian membuangnya di tempat sampah khusus plastik.

Lantas bagaimana cara membuang kemasan karton bekas minuman? Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia, Reza Andreanto mengatakan sebelum dibuang, kemasan karton bekas minuman harus menjalani proses #lipatletaklepas. "Tiga langkah ini sangat mudah," kata Reza saat peluncuran booth edukasi Tetra Pak di Taman Pintar Yogyakarta, Kamis 10 Desember 2020.

Pertama, buka lipatan atas dan bawah. Kedua, letakkan sedotan ke dalam kemasan supaya ikut terkirim dan terdaur ulang. Ketiga, pipihkan dan lepaskan kamasan karton bekas minuman ke tempat sampah terpilih. Jika kemasan kemasan karton bekas minuman ini sudah terkumpul, masyarakat dapat menyetorkannya ke pengumpul, salah satunya Rapel.

Rapel adalah perusahaan yang mengumpulkan kemasan karton bekas buatan Tetra Pak. "Kami berharap pemilik tempat usaha atau masyarakat tak perlu bingung ke mana membuang kemasan karton bekas. Kumpulkan saja dan serahkan kepada kami," kata Martna Yenni, Liaison Assistant Rapel.

Reza menjelaskan kemasan karton Tetra Pak terbuat dari bahan karton yang berasal dari kayu berlapis polimer dan alumium. Detailnya, 74 persen kertas, 21 persen polimer, dan 5 persen aluminium. Setelah isi kemasan karton bekas dikonsumsi atau digunakan, maka karton bekas minuman dapat diolah. Proses daur ulang akan memisahkan kembali tiga komponen kemasan tadi. Hasilnya, berupa kertas daur ulang, bangku, meja, sampai genting.