PMS Bikin Lesu dan Mood Swing, Atasi dengan 5 Cara Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita PMS. shutterstock.com

Ilustrasi wanita PMS. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - PMS atau sindrom pra-menstruasi kerap membuat sebagian perempuan terlihat lesu, kelelahan, dan mengalami mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah. Ada beberapa di antaranya yang merasakan nyeri pada payudara, sakit kepala, sembelit, hingga perubahan nafsu makan.

Memang kondisi ini wajar terjadi. Namun jika terus berulang apalagi sampai menganggu aktivitasmu, maka lakukanlah sesuatu. Mengutip laman Boldsky, berikut beberapa cara untuk mengatasi gangguan menjelang haid:


  1. Jaga tubuh tetap terhidrasi


    Kecukupan asupan air membuat tubuh segar dan tak mudah lelah. Terlebih saat PMS, tubuh akan mudah mengantuk dan sembelit. Jadi, minumlah air mineral setidaknya delapan gelas setiap hari.


  2. Makan makanan sehat


    Selain asupan cairan yang cukup, penting juga untuk mengkonsumsi makan makanan sehat, seperti buah, sayur, dan protein baik nabati maupun hewani. Buah dan sayur apapun dapat disantap untuk menjaga tubuh tetap mendapat asupan vitamin yang diperlukan. Tambahkan dengan nasi merah, biji-bijian, oatmeal, yogurt, dan cokelat hitam yang kaya zat besi, mangan, kalium dan antioksidan. Energi dan nutrisi tetap terjaga.


  3. Olahraga


    Olahraga apapun bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi gejala PMS. Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Obstetrics and Gynecology menunjukkan latihan aerobik dengan intensitas sedang dapat membantu mengurangi kelelahan. Kamu bisa mencoba jenis olahraga lainnya, seperti berenang, lari, bersepeda, atau zumba.


  4. Relaksasi


    Lakukan teknik relaksasi, seperti yoga dan meditasi untuk mendengarkan dan menenangkan tubuh. Atur napas dengan teratur, santai sejenak, lupakan semua tugas yang menumpuk, dan ketenangan ini akan membuat kamu merasa lebih baik.


  5. Kamar tidur senyaman mungkin


    Buat suasana di kamar tidur yang menunjang untuk istirahat. Dengan begitu, tubuhmu merasakan kenyamanan, cepat terlelap, kemudian bangun dengan segar. Jauhkan gadget dari kamar tidur, atur pencahayaan dan sirkulasi udara agar tetap sejuk, dan pastikan alas tidurmu nyaman.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."