PMS Bikin Lesu dan Mood Swing, Atasi dengan 5 Cara Berikut

Ilustrasi wanita PMS. shutterstock.com

kesehatan

PMS Bikin Lesu dan Mood Swing, Atasi dengan 5 Cara Berikut

Senin, 12 Oktober 2020 12:14 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - PMS atau sindrom pra-menstruasi kerap membuat sebagian perempuan terlihat lesu, kelelahan, dan mengalami mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah. Ada beberapa di antaranya yang merasakan nyeri pada payudara, sakit kepala, sembelit, hingga perubahan nafsu makan.

Memang kondisi ini wajar terjadi. Namun jika terus berulang apalagi sampai menganggu aktivitasmu, maka lakukanlah sesuatu. Mengutip laman Boldsky, berikut beberapa cara untuk mengatasi gangguan menjelang haid:

  1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

    Kecukupan asupan air membuat tubuh segar dan tak mudah lelah. Terlebih saat PMS, tubuh akan mudah mengantuk dan sembelit. Jadi, minumlah air mineral setidaknya delapan gelas setiap hari.

  2. Makan makanan sehat

    Selain asupan cairan yang cukup, penting juga untuk mengkonsumsi makan makanan sehat, seperti buah, sayur, dan protein baik nabati maupun hewani. Buah dan sayur apapun dapat disantap untuk menjaga tubuh tetap mendapat asupan vitamin yang diperlukan. Tambahkan dengan nasi merah, biji-bijian, oatmeal, yogurt, dan cokelat hitam yang kaya zat besi, mangan, kalium dan antioksidan. Energi dan nutrisi tetap terjaga.

  3. Olahraga

    Olahraga apapun bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi gejala PMS. Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Obstetrics and Gynecology menunjukkan latihan aerobik dengan intensitas sedang dapat membantu mengurangi kelelahan. Kamu bisa mencoba jenis olahraga lainnya, seperti berenang, lari, bersepeda, atau zumba.

  4. Relaksasi

    Lakukan teknik relaksasi, seperti yoga dan meditasi untuk mendengarkan dan menenangkan tubuh. Atur napas dengan teratur, santai sejenak, lupakan semua tugas yang menumpuk, dan ketenangan ini akan membuat kamu merasa lebih baik.

  5. Kamar tidur senyaman mungkin

    Buat suasana di kamar tidur yang menunjang untuk istirahat. Dengan begitu, tubuhmu merasakan kenyamanan, cepat terlelap, kemudian bangun dengan segar. Jauhkan gadget dari kamar tidur, atur pencahayaan dan sirkulasi udara agar tetap sejuk, dan pastikan alas tidurmu nyaman.