Restoran dan 2 Tempat Ini Paling Berisiko Tinggi Penularan Covid-19 Menurut CDC

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menikmati makanan di restoran. Unsplash/Pablo Merchan

Ilustrasi wanita menikmati makanan di restoran. Unsplash/Pablo Merchan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat atau CDC mengungkap ada tiga tempat yang sangat berisiko tinggi menularkan virus corona baru atau Covid-19. Yaitu restoran, bar, dan gym atau pusat kebugaran.

“Ini menunjukkan kemungkinan risiko dari berbagai jenis situasi. Yang langsung muncul dari gambaran itu adalah restoran, bar, dan gym,” ujar Pakar imunologi dan penyakit menular Amerika Serikat, Anthony Fauc, seperti dikutip dari laman Health pada Senin, 21 September 2020..

Penelitian itu mengungkapkan 7,8 persen orang yang dites positif Covid-19 pernah berolahraga di gym dalam dua minggu terakhir, dan 8,5 persen orang yang dites positif pernah ke bar dalam dua pekan sebelumnya. Selanjutnya, 40,9 persen orang yang didiagnosis dengan Covid-19 pernah makan malam di restoran dalam dua minggu terakhir.

Kenapa ketiga tempat itu lebih berisiko? Restoran atau bar umumnya berada di ruangan tertutup yang berventilasi buruk. Ditambah lagi, ada banyak orang lain di sekitar. Kontak dekat dengan pelayan atau anggota staf lainnya, menyentuh barang (menu, piring) dan melepas penutup wajah atau masker untuk makan atau minum, juga membuat risiko lebih tinggi tertular infeksi.

Selain itu, tempat duduk dalam ruangan tidak selalu memberikan ruang cukup untuk menjaga jarak minimal enam kaki, yang juga meningkatkan risiko tertular infeksi.

"Ketika berada di restoran di dalam ruangan dalam situasi Anda memiliki tingkat infeksi yang tinggi di masyarakat, Anda tidak memakai masker, itu jadi masalah," ungkapnya dalam wawancara.

Jika Anda seorang pecinta kebugaran, sangat disarankan juga untuk menghindari pergi ke gym selama pandemi, karena ruang tertutup, ditambah kemungkinan orang tidak menggunakan masker saat berolahraga dan ventilasi yang buruk. Selain itu, berbagi peralatan gym juga dapat berperan dalam menyebarkan penyakit, tidak peduli seberapa hati-hati Anda melakukannya.

Untuk menurunkan risiko tertular Covid-19, disarankan mengenakan masker saat bertemu dengan seseorang. Sebaiknya bertemu di area luar ruangan yang berventilasi baik dan jangan melepas masker, meskipun hanya untuk selfie atau swafoto.

Kita tidak dapat mengontrol perilaku orang lain. Jadi, berfokuslah pada hal yang bisa dikendalikan sendiri. Selain memakai masker, hindari juga area berisiko tinggi dan mempraktikkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan makan makanan bergizi.

MILA NOVITA | HEALTH | TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."