6 Kesalahan Umum Olahraga yang Bisa Menghambat Berat Badan Turun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi seorang wanita olahraga di rumah. Unsplash.com/Jonathan Borba

Ilustrasi seorang wanita olahraga di rumah. Unsplash.com/Jonathan Borba

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain demi menjaga kesehatan, olahraga juga salah satu cara yang digemari untuk membantu menurunkan berat badan. Namun ada sejumlah orang yang mengeluhkan rutin berolahraga tapi berat badan tak beranjak turun. Bisa jadi ada kesalahan saat berolahraga yang tidak disadari. Apa saja itu?

Yuk, cari tahu kesalahan olahraga umum yang bisa menghambat rencana menurunkan berat badan, yang dikutip dari Pinkvilla, Rabu, 23 September 2020.

1. Melewatkan pemanasan

Sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelum sesi latihan karena membantu mempersiapkan otot, jantung, dan paru-paru saat beraktivitas fisik, dan menurunkan risiko cedera. Melewatkan pemanasan berarti membuat tubuh rentan terhadap cedera otot dan masalah kesehatan lainnya.

2. Menggunakan ponsel 

Berbicara di telepon atau melihatnya dapat mempengaruhi fokus dan efektivitas olahraga. Jika suka memotret latihan Anda, cobalah untuk menunggu hingga selesai agar tidak mengganggu latihan.

3. Tidak konsisten

Baru mengikuti latihan sekali, tetapi melompat dari satu cara latihan ke latihan lainnya. Itu bukanlah teknik terbaik jika Anda mencoba menghilangkan kelebihan berat badan. Anda harus mencoba mengikuti satu jenis latihan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Menurut para ahli, kombinasi latihan kardio dan beban adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan.

4. Tidak ada hari istirahat

Olahraga berlebihan dapat membuat Anda merasa lelah dan rentan terhadap kejenuhan dan cedera. Sangat penting untuk membiarkan tubuh beristirahat dan membiarkan serat otot memperbaiki dan tumbuh lebih kuat. Beristirahat juga akan membantu mengoptimalkan kinerja Anda.

5. Kurang minum

Saat berolahraga, suhu tubuh naik dan memicu stres. Minum cukup cairan dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Jadi, minumlah banyak air dan usahakan untuk memasukkan makanan yang mengandung air.

6. Tidak cukup tidur

Anda mungkin menganggap tak ada hubungannya tidur dengan latihan. Tetapi kurang tidur dapat menyabotase rencana penurunan berat badan. Penting untuk tidur selama 6-8 jam agar otot pulih. Ini juga akan membantu dalam aspek kesehatan lainnya, termasuk fungsi kognitif, meningkatkan suasana hati, dan sebagainya.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."