Studi: Teh Hijau Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Teh hijau.

kesehatan

Studi: Teh Hijau Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 6 Juni 2020 07:15 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh hijau diklaim bisa meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau bisa membantu bakar lemak perut, salah satu tempat tersulit di tubuh untuk dikecilkan. Manfaat itu semua berkat kandungan antioksidan di dalam minuman teh hijau.

Menurut ahli gizi dokter Naomi Beianart mengatakan teh hijau bisa menjadi "teman baru" bagi individu yang mencoba untuk menurunkan berat badan. "Penelitian telah menemukan bahwa teh hijau dapat membantu metabolisme dan mengelola berat badan," katanya seperti dilansir dari Express pada Kamis, 4 Juni 2020.

Dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan terhadap 35 pria dan wanita gemuk, menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau setiap hari selama dua bulan kehilangan berat badan signifikan daripada yang mengonsumsi plasebo. 

Sementara studi lain mengungkapkan minum teh hijau dua kali dalam satu hari dapat membakar hingga 100 kalori tambahan sehari.

Dokter Naomi menambahkan teh hijau dapat menurunkan berat badan seseorang dengan beberapa cara, yakni meningkatkan termogenesis atau pembakaran lemak. Kemudian, meningkatkan oksidasi lemak atau membakar lemak untuk energi, mengurangi penyerapan lemak, dan bahkan mengurangi nafsu makan.

Dengan berkurangnya nafsu makan berarti seseorang akan mengonsumsi kalori lebih sedikit sepanjang hari, dan cenderung tidak akan memakan camilan. Selain dapat menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat menyebabkan hidup seseorang lebih lama lantaran dapat mengurangi sejumlah penyebab penyakit dan lebih sehat.