Curhat Zaskia Sungkar Mual dan Muntah Sepanjang Hari di Masa Hamil Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Zaskia Sungkar (Instagram/@zaskiasungkar15)

Zaskia Sungkar (Instagram/@zaskiasungkar15)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah 10 tahun menikah, doa pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah untuk mendapatkan momongan dikabulkan. Lewat proses bayi tabung, Zaskia kini dikabarkan tengah hamil 10 minggu.

Seperti sejumlah perempuan di masa hamil muda, Zaskia juga merasakan mual-mual sepanjang hari. Merasa tak nyaman, ia terus merajuk kepada Irwansyah.

"Parah mual, alhamdulillah. Biasanya itu mualnya pagi aja kan, aku tuh kedapatan mualnya sampai lama, Masya Allah Alhamdulillah disyukurin," kata Zaskia Sungkar pada suaminya Irwansyah, dikutip dari vlog The Sungkars Family, Jumat, 11 September 2020.

Menurut perempuan 29 tahun itu, ia terbantu oleh obat mual. "Rasanya sejam sekali lapar harus makan, mual tapi perih kalau nggak keisi," kata dia, seraya minta es krim pada Irwansyah.

Kakak Shireen Sungkar ini juga banyak mencari informasi. Ia tahu bahwa kebiasaan ibu hamil beda-beda termasuk saat mual atau muntah. "Ada yang cuma pagi aja berasa mual, dan yang aku rasakan itu gak cuma mual tapi juga muntah keluar makanannya," tuturnya.

Setelah hampir 10 tahun menanti, akhirnya pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah mengumumkan kehamilan anak pertama mereka. Zaskia membagikan foto hasil tes kehamilan dan USG anak pertamanya itu ke akun Instagramnya pada 5 September 2020. instagram.com/zaskiasungkar15

Kondisi seperti yang dialami Zaskia ini dikenal sebagai morning sickness. Umumnya tidak serius, namun bisa sangat tidak menyenangkan.

Dilansir dari laman Medical News Today, bagi banyak perempuan, gejala mual di pagi hari adalah tanda pertama kehamilan.

Morning sickness mempengaruhi sekitar 80 persen dari semua wanita hamil. Perempuan yang menggunakan kontrasepsi hormonal atau HRT (terapi penggantian hormon) mungkin juga memiliki gejala yang mirip dengan mual di pagi hari.

Pada sebagian besar kasus, mual di pagi hari, meskipun merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, tidak memiliki risiko kesehatan bagi bayi dan merupakan bagian rutin dari kehamilan. 

Penelitian menunjukkan bahwa morning sickness selama kehamilan bisa menjadi tanda kehamilan yang sehat, dengan tingkat keguguran dan lahir mati yang lebih rendah, dibandingkan dengan kehamilan tanpa mual atau muntah.

Meski namanya morning sickness, kondisi ini bisa terjadi kapan saja, siang bahkan malam. Penyebab pastinya masih belum diketahui. 

Ada sejumlah pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi gejala mual saat hamil, termasuk jahe. 

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."