Ketahui Seluk Beluk Sebelum Menikmati Manfaat Telur Ayam Kampung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi putih dan kuning telur. pixabay.com/Baljeet Singh

Ilustrasi putih dan kuning telur. pixabay.com/Baljeet Singh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang mengetahui manfaat telur ayam kampung ketimbang telur ayam petelur. Telur ayam kampung mengandung vitamin D dua sampai tiga kali lebih tinggi ketimbang telur ayam petelur.

Telur ayam kampung juga mengandung antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini dapat menyehatkan mata, mencegah katarak, dan penyakit mata degeneratif lainnya. Dan bagi mereka yang hendak membentuk massa otot, disarankan mengkonsumsi telur ayam kampung untuk mendapatkan asupan asam amino esensial.

Setelah mengetahui manfaat telur ayam kampung, apakah kamu sudah tahu kalau pengertian telur ayam kampung bukanlah telur dari ayam yang tinggal di pedesaan. Ayam kampung bisa diternakkan di mana saja, baik di kota maupun di desa.

Perbedaan utama antara telur ayam kampung dengan telur ayam petelur adalah metode pemeliharaannya. Ayam kampung tidak ditempatkan di dalam kandang sebagaimana ayam petelur. Ayam kampung dilepas di alam bebas, memakan apa saja yang ada seperti serangga, biji-bijian, maupun tanaman yang tumbuh di sekitarnya. Sementara ayam petelur selalu berada di kandang dan mendapatkan pakan yang teratur dan umumnya berupa pakan olahan.

ilustrasi telur. (pixabay.com)

Pakan alami yang dimakan oleh ayam kampung diyakini membuat telur ayam kampung lebih bergizi dan aman ketimbang telur ayam petelur karena tidak mengandung bahan kimia. Penelitian dari North Carolina State University, Amerika Serikat, menunjukkan telur ayam kampung mengandung lemak tidak jenuh lebih tinggi dibanding telur ayam petelur.

Pun dengan kandungan omega-3 pada telur ayam kampung lebih tinggi dibanding telur ayam petelur, yakni 0,17 persen berbanding 0,14 persen. Untuk kandungan kolesterol, kedua jenis telur ayam ini memiliki kadar yang hampir sama yakni 163,42 mg/50 gram pada telur ayam kampung dan 165,38 mg/50 gram pada telur ayam petelur. Begitu juga dengan kandungan vitamin A dan E yang hampir sama pada telur ayam kampung maupun telur ayam petelur.

Kesamaan lainnya adalah kedua jenis telur ini tidak bebas dari bakteri, terutama salmonella. Jadi, untuk memastikan telur ayam yang kamu konsumsi aman dan sehat, pastikan mengolahnya dengan matang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."