3 Posisi Tidur Ini Bisa Cegah Asam Lambung Naik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain menghindari makanan pemicu asam lambung naik, posisi tidur di malam hari turut berperan penting bagi penderita asam lambung dan gastroesophageal reflux disease (GERD). Mengapa?

Pada siang hari, di mana posisi tubuh lebih banyak tegak, gravitasi akan membantu mengembalikan asam lambung yang naik melewati esofagus bawah atau lower esophageal sphincter (LES) kembali ke dalam perut lebih cepat. Namun, lain halnya ketika tidur di malam hari.

Pada posisi berbaring, air liur menjadi lebih sedikit dan proses menelan juga melambat sehingga membuat kembalinya refluks asam lambung ke perut menjadi lebih sulit. Refluks asam lambung adalah kondisi makanan dan asam lambung yang seharusnya ada di dalam lambung, dapat naik kembali ke kerongkongan.

Lantas, posisi tidur seperti apa yang bisa membantu mencegah asam lambung naik? Berikut contohnya

3 Posisi Tidur yang Baik bagi Penderita Asam Lambung dan GERD

1. Posisi tidur miring ke sisi kiri tubuh

Karena posisi lambung berada di sebelah kiri, ketika Anda tidur miring ke sebelah kiri, posisi LES akan berada lebih tinggi sehingga dapat mempersulit refluks asam lambung. Walaupun asam lambung sempat mencapai LES, gravitasi akan membuatnya lebih mudah kembali ke dalam perut. 

Selain itu, gejala asam lambung naik yang terjadi saat posisi tidur miring ke kiri cenderung lebih ringan dan jarang jika dibandingkan posisi tidur telentang atau miring ke kanan. Sebab itu, tidur miring ke kiri merupakan posisi tidur yang baik dan optimal bagi penderita penyakit asam lambung dan GERD.

2. Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa posisi tidur dengan posisi kepala lebih tinggi (terangkat) dibandingkan posisi tubuh memiliki manfaat untuk mengurangi frekuensi terjadinya refluks dan membantu mengembalikan asam lambung kembali ke dalam perut dengan laju lebih cepat.

3. Posisi terbaik untuk meredakan refluks lambung

Baik tidur miring di sebelah kiri tubuh atau tidur dengan posisi kepala lebih tinggi bermanfaat mengurangi gejala refluks lambung. Namun, posisi tidur yang terbaik adalah dengan mengombinasikan keduanya, yakni tidur miring ke sebelah kiri tubuh dengan posisi kepala lebih tinggi. 

Posisi tidur yang baik ini secara optimal dapat mencegah refluks. Hal ini karena posisi LES Anda berada jauh di atas tingkat isi lambung, bahkan walaupun lambung benar-benar dalam kondisi penuh. Jika seandainya refluks tetap terjadi, posisi ini mempermudah gravitasi untuk mengembalikan asam lambung dengan cepat.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."