5 Tips Memilih Foundation untuk Kulit Wajah Berminyak

Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

kecantikan

5 Tips Memilih Foundation untuk Kulit Wajah Berminyak

Rabu, 2 September 2020 08:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda pemilik kulit wajah berminyak, pemilihan foundation atau alas bedak sangat berperan penting untuk tampilan makeupFoundation yang tepat dapat menunjang penampilan dan memudahkan seluruh proses makeup.  Selain itu, alas bedak yang salah dapat dengan mudah mengiritasi kulit, memperparah jerawat hingga mengundang berbagai masalah kulit baru. Untuk mencegah kondisi itu, penting untuk memperhatikan formula hingga warna kulit.

5 Tips memilih foundation untuk kulit wajah berminyak mengutip laman Boldsky

1. Formula

Untuk kulit berminyak, foundation terbaik yang formulanya bubuk atau berbahan dasar air. Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar penghasil minyak di kulit menghasilkan minyak berlebih, sehingga membuat kulit wajah berminyak dan rentan jerawat.

Foundation bubuk membantu menyerap minyak, menjaga agar tidak berminyak, dan memberikan hasil akhir yang halus. Meskipun alas bedak cair memberikan hasil akhir yang bagus, sering kali alas bedak ini berbahan dasar minyak.

Jika Anda merasa nyaman dengan alas bedak cair, pilihlah formula berbahan dasar air bebas minyak. Ini ringan di kulit dan tidak menambah minyak berlebih pada kulit Anda.

2. Uji foundation

Ada banyak merek yang menawarkan tester untuk foundation. Anda bisa mencoba menempelkan foundation di kulit wajah Anda selama 4-5 jam sebelum Anda membuat keputusan akhir.

3. Tampilan akhir

Sebelum Anda melanjutkan dan membeli foundation, tentukan hasil akhir yang Anda inginkan. Jika Anda pemula di bidang makeup, sederhananya, foundation akan nampak glossy atau matte di wajah Anda. Sebaiknya hindari yang hasil akhirnya dewy, karena hanya akan menambah kilau yang tidak diinginkan sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih berminyak.

Hasil terbaik untuk kulit berminyak adalah matte atau semi-matte. Hasil akhir ini memberi Anda tampilan yang lebih alami.

4. Sesuaikan dengan warna kulit wajah

Mendapatkan warna yang menyatu dengan kulit juga hal penting dalam memilih foundation. Sebab salah memilih warna foundation, kulit kita akhirnya terlihat pecah-pecah atau pucat. Uji alas bedak pada garis rahang dan leher Anda. Jika alas bedak menyatu dengan kulit dan Anda tidak dapat membedakannya, maka itu warna yang tepat.

Bila sulit menemukan warna yang sesuai kulit, padukan warna foundation yang lebih terang dan lebih gelap untuk mendapatkan warna kulit yang Anda sesuaikan.

5. Pertimbangkan Undertone

Jika tahu rona kulit Anda, mendapatkan warna yang tepat bukanlah tugas yang begitu penting. Jika Anda melihat kulit Anda lebih dekat, itu bisa tampak keemasan atau kemerahan. Jika tampak keemasan, Anda memiliki undertone warm dan cool. 

Cara lain untuk menentukan rona kulit Anda adalah melalui warna pembuluh darah Anda. Jika pembuluh darah Anda tampak hijau, termasuk undertone warm dan jika tampak kebiruan atau ungu, termasuk undertone cool. Rona kulit yang salah bisa membuat Anda terlihat pucat dan kusam, terutama jika Anda memiliki kulit berminyak. Jadi, pastikan rona kulit Anda sebelum membeli alas bedak. Percayalah, bahkan foundation terbaik dengan shade yang salah tidak akan ada gunanya bagi Anda.

NIA PRATIWI