Tips Perawatan Kulit Selama WFH, Pakai Tabir Surya di Depan Laptop dan Ponsel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di rumah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama pandemi Covid-19 membuat kita lebih sering menghadap laptop dan ponsel. Jika terlalu lama berinteraksi dengan komputer dan ponsel, bukan hanya mata, leher, dan tangan yang lelah, namun juga kulit.

Pendiri AAYNA Clinic, Dr Simal Soin berbagi tips perawatan kulit selama WFH. Menurut dia, perawatan kulit di rumah adalah kunci menjaga kesehatan dan kesegaran kulit. Musababnya, belum semua salon membuka kembali layanan mereka dan orang belum leluasa ke luar rumah.

"Karena kebanyakan dari kita sekarang berada di rumah, maka perawatan diri harus menjadi prioritas utama," kata Simal Soin seperti dikutip dari laman Times of India. Berikut tips perawatan kulit di rumah selama WFH:


  1. Lindungi kulit dari cahaya biru


    Cahaya biru adalah sinar yang keluar dari perangkat elektronik, seperti laptop dan ponsel. Ya, dua alat kerja ini tentu tak pernah lepas dari hadapanmu selama bekerja dari rumah atau WFH. Simal Soin mengatakan, cahaya biru ini mempengaruhi kesehatan kulit, membuatnya lelah sehingga pori-pori terbuka, minyak bertumpuk, dan memicu tanda-tanda penuaan. Kendati tetap berada di dalam rumah, dia menyarankan agar memakai tabir surya saat terpapar cahaya biru dari laptop, ponsel, dan televisi.


  2. Banyak minum


    Jangan menyepelekan minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kusam dan kering. Minumlah setidaknya 8 sampai 10 gelas air sehari. Minum juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membuang racun, dan tentuya menyegarkan.


  3. Cukup tidur


    Bekerja dari rumah atau WFH bukan berarti kamu bekerja sehari penuh. Tentukan kapan waktu bekerja dan kapan saatnya beristirahat. Patuhi aturan waktu itu agar tubuh dan kulit selalu segar. Simal Soin mengingatkan agar tidak mempertaruhkan waktu tidur untuk bekerja atau maraton menonton serial film. Pastikan tidurmu tidak kurang dari delapan jam sehari.


  4. Perawatan kulit di rumah


    Jika belum bisa ke salon, tetap lakukan perawatan kulit yang sederhana di rumah. Setidaknya sepekan sekali, lakukan eksfoliasi wajah dengan scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan bakteri kemudian pakai masker. Berada di rumah dan tidak memakai makeup bukan berarti kulit wajah tidak kotor. Simal Soin mengatakan tetap bersihkan wajah dua kali sehari, cuci wajah sebelum tidur, pakai pelembap, dan tabir surya.


  5. Bantu dengan vitamin


    Simal Soin mengatakan perawatan kulit di rumah dapat ditambahkan dengan serum, suplemen vitamin C, atau antioksidan. Bantuan perawatan kecantikan dari dalam dan dari luar ini membantu melindungi kulit dari radikal bebas sekaligus mencerahkannya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."