Hindari Makanan dan Minuman Ini saat Batuk, Ada Gorengan hingga Soda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi gorengan (Freepik.com)

ilustrasi gorengan (Freepik.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSaat batuk melanda, tentu Anda akan merasa sangat tersiksa. Terlebih bila batuk semakin parah di malam hari. Selain membuat tubuh tidak nyaman dan Anda kesal dibuatnya, batuk terus menerus dapat memicu penyakit infeksi saluran pernapasan lainnya sehingga kondisi batuk bisa semakin serius. 

Batuk bisa disebabkan oleh salah satu gejala penyakit, paparan polutan yang menyebabkan iritasi, atau efek samping konsumsi obat-obatan tertentu. Selain minum obat batuk yang dijual bebas di apotek atau obat batuk alami, Anda juga sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa memperparah batuk. Apa saja itu?

Berikut sejumlah minuman dan makanan yang dihindari saat batuk

1. Makanan yang digoreng

Salah satu makanan yang dihindari saat batuk adalah makanan yang digoreng. Ya, Anda mungkin seringkali mendengar anjuran saat batuk untuk menghindari makanan yang digoreng. Sebenarnya, bukan jenis makanannya yang dapat memperparah kondisi batuk, melainkan minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan tersebut. 

Saat Anda mengonsumsi makanan yang digoreng, senyawa akrolein dari minyak yang dipakai berulang kali bisa mengiritasi dinding-dinding tenggorokan. Akibatnya, peradangan semakin parah dan batuk pun semakin bertambah parah. 

Selain itu, gorengan dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung dan alergi makanan. Refluks asam lambung yang naik bisa memicu terjadinya penyempitan saluran napas sehingga menyebabkan batuk. 

2. Makanan olahan

Makanan yang harus dihindari saat batuk berikutnya adalah makanan olahan.Contohnya makanan ringan kemasan, keripik, dan makanan manis. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, Anda membutuhkan asupan nutrisi yang optimal agar memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan infeksi penyakit yang menimbulkan batuk. 

3. Makanan pemicu alergi

Ada berbagai masalah kesehatan yang bisa menyebabkan batuk. Selain infeksi virus, batuk bisa jadi salah satu gejala asma, yang dikaitkan dengan reaksi alergi seseorang. Pada beberapa kasus, keparahan gejala batuk yang disebabkan oleh asma berhubungan dengan makanan dan minuman pencetus alergi. Beberapa minuman dan makanan pemicu alergi yang dapat memperburuk kondisi batuk Anda adalah makanan laut (seafood), telur, kacang-kacangan, susu sapi, dan lainnya. Inilah yang menjadi makanan yang dihindari saat batuk lainnya. 

4. Minuman yang mengandung kafein

Selain makanan, ada pula minuman yang dihindari saat batuk. Minuman yang mengandung kafein adalah beberapa di antaranya. Hal ini karena minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, minuman berenergi, dan minuman bersoda, dapat menyebabkan tenggorokan kering sehingga menimbulkan rasa gatal. Tenggorokan kering dan terasa gatal dapat mengakibatkan Anda merasa tidak nyaman saat menelan dan menimbulkan suara serak. Akibatnya, kondisi batuk Anda semakin memburuk dan tidak kunjung sembuh. 

5. Susu dan produk olahan susu

Susu dan produk olahan susu sebaiknya juga dihindari saat batuk. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Medical Hypotheses mengemukakan bahwa produk olahan susu dapat merangsang pembentukan dahak pada saluran pernapasan beberapa orang. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."