Arti Kedaluwarsa atau Expired Date, Best Before, Pack Date, dan Sell by Date

Seorang petugas Dinas Kesehatan memeriksa salah satu gudang minuman dan makanan di Mojosongo, Solo, (22/12). Pemeriksaan ditekankan pada makanan kadaluarsa dan sistem penyimpanan. TEMPO/Andry Prasetyo

kesehatan

Arti Kedaluwarsa atau Expired Date, Best Before, Pack Date, dan Sell by Date

Rabu, 19 Agustus 2020 07:27 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap konsumen harus memperhatikan setiap keterangan waktu pada makanan dan minuman kemasan. Jika dulu kita hanya mengenal tanggal kedaluwarsa atau expired date suatu produk, kini produsen memberikan informasi lebih dari itu pada kemasan.

Setidaknya ada empat macam keterangan waktu yang tercantum dalam sebuah produk makanan dan minuman kemasan. Selain tanggal kedaluwarsa, ada pula rekomendasi produk tersebut baik dikonsumsi sebelum tanggal tertentu atau best before. Ada pula keterangan kapan produk tersebut dikemas atau pack date dan kapan produk tersebut masuk toko atau sell by date.

Lantas apa saja pengertian dari empat keterangan waktu yang tertera pada produk makanan dan minuman kemasan tadi? Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman Sehatq.

  1. Gunakan sebelum atau use by atau expired date

    Ini adalah tanggal yang menunjukkan batas suatu produk untuk dikonsumsi. Jika melewati tanggal itu, maka kualitas produk menurun dan dapat memicu risiko kesehatan. Tanggal ini harus tercantum pada produk makanan dan minuman kemasan.

  2. Baik digunakan sebelum atau best before

    Best before berbeda dengan expired date. Jika expired date adalah tenggat di mana suatu produk tak boleh dikonsumsi lagi, best before masih memberikan toleransi untuk itu dengan syarat.

    Pada prinsipnya, keterangan waktu best before memastikan konsumen akan mendapatkan kualitas terbaik dari produk tersebut sebelum tanggal yang tertera. Namun tidak mengapa juga jika dikonsumsi setelahnya asalkan produk masih dalam kondisi baik, misalkan kemasan masih utuh dan tertutup rapat. Hanya saja, kualitas produk tadi tidak sebaik saat sebelum tenggat.

  3. Tanggal pengemasan atau pack date

    Sesuai namanya, tanggal ini menunjukkan waktu pengemasan produk tersebut. Pengemasan ini bisa dilakukan oleh produsen atau distributor. Ada macam-macam bentuk pack date. Ada yang mudah dibaca oleh konsumen karena tertulis tanggal bulan dan tahun, namun ada pula yang berbentuk kode. Petugas dapat membaca kode tersebut karena menjadi rujukan ketika mengawasi peredaran makanan.

  4. Tanggal masuk toko atau sell by date

    Saat ini sejumlah toko yang menjual makanan dan minuman kemasan mencantumkan kapan produk tersebut dipajang. Dengan begitu, pegawai toko dapat mengetahui apakah produk tersebut masih layak dipajang atau harus turun dari rak.

SEHATQ