Alasan Zaskia Adya Mecca Gelar Upacara di Rumah saat 75 Tahun Indonesia Merdeka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Zaskia Adya Mecca bersama keempat anaknya, Kana Syibilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, Bhre Kata Bramantyo, dan Bhaj Kama Bramantyo. Instagram.com/@zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca bersama keempat anaknya, Kana Syibilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, Bhre Kata Bramantyo, dan Bhaj Kama Bramantyo. Instagram.com/@zaskiadyamecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan influencer Zaskia Adya Mecca menggelar upacara bendera di rumah dalam rangka memperingati 75 Tahun Indonesia Merdeka pada 17 Agustus 2020. Upacara yang berlangsung di halaman rumahnya di Yogyakarta dihadiri oleh sejumlah anggota keluarga besar. 

Istri sutradara Hanung Bramantyo itu membagikan video upacara bendera dengan judul Upacara HUT RI ke 75, tahun 2020 di Instagram TV. “Pandemi covid membuat semua tidak dapat melaksanakan upacara layaknya HUT kemerdekaan di tahun-tahun sebelumnya semenjak para pahlawan berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” tulisnya di keterangan video.

Kemudian, Zaskia Adya Mecca menjelaskan alasannya menggelar upacara bersama keluarga. Meski di tengah pandemi, ia ingin menanamkan rasa nasionalisme kepada anak-anaknya. “Rasa nasionalisme terutama kepada anak-anak akan tetap kami tanamkan apapun situasinya, oleh karna itu dalam situasi apapun kami akan tetap melaksanakan upacara walaupun #dirumahaja. Salah satu cara mengenang tahun ini…” tuturnya.

Zaskia Adya Mecca dan anggota keluarganya terlihat kompak mengenakan busana bernuansa merah putih. Tampak keempat anak-anaknya, Kanna Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, dan Bhre Kata Bramantyo. Sedangkan Bhaj Kama Bramantyo digendong salah satu anggota kelurganya. Adik Zaskia, Haykal Kamil juga hadir bersama istrinya, Tantri Namirah dan putrinya.

Upacara yang dipimpin oleh ayah Zaskia, Eka Dewanta Insan Kamil, sebagai pembina upacara, dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil sikap hormat kepada bendera yang dikibarkan di rumahnya. Setelah itu, mengheningkan cipta bersama. Putri kedua Zaskia, Kala, membacakan teks Pancasila diikuti seluruh peserta upacara. Sedangkan Kanna, anak sulungnya, membacakan teks Undang-Undang Dasar atau UUD 1945.

"Gaes, sekarang sudah selesai upacaranya, aku sengaja mengadakan upacara seperti ini supaya anak-anakku tetap paham yang namanya upacara, mengenal UUD 1945, bisa baca Pancasila bareng-bareng, bisa menghormat bendera, agar menumbuhkan rasa nasionalisme. Apa yang sudah kamu lakukan hari ini,” jelas Zaskia Adya Mecca dalam video itu.

Upacara pun ditutup dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka bersama-sama. Selain menggelar upacara, Zaskia Adya Mecca melanjutkan perayaan HUT RI ke-75 dengan perlombaan seperti makan kerupuk, yang diikuti anak-anaknya dan kerabat lainnya.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."