6 Cara Atasi Sulit Buang Air Besar usai Melahirkan, Termasuk Perbanyak Serat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah wanita mengalami sulit buang air besar atau sembelit usai melahirkan. Salah satu faktornya khawatir jahitan rusak atau robek saat mengejan.

Selain itu, ada sebab sembelit setelah melahirkan antara lain kerusakan otot-otot dasar panggul karena proses persalinan, dehidrasi karena muntah atau kehilangan darah, perubahan hormon, konsumsi zat besi, perut kosong jelang persalinan, mengonsumsi obat penghilang rasa sakit hingga kurang bergerak.

Berikut sejumlah langkah untuk memudahkan buang air besar setelah melahirkan, jika Anda kesulitan

1. Minum air putih

Pastikan minum air putih sekitar 8-10 gelas setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi. Minuman hangat seperti teh herbal juga bisa membantu feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

2. Konsumsi makanan berserat 

Makanan berserat seperti wortel, asparagus, kentang, beras merah, kacang, kacangan, buah pepaya, dan mangga dapat membantu Anda lebih mudah buang air besar.

3. Bergerak 

Lebih banyak bergerak dan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan, dapat membantu menggerakkan usus. Namun, jika Anda melakukan operasi caesar, pastikan mendapatkan izin dari dokter sebelum melakukannya.

4. Berendam air hangat

Selain meringankan nyeri pasca-persalinan, berendam air hangat juga dapat membantu mengatasi susah BAB. Anda dapat mencoba berendam kurang lebih 10 menit dalam bak air hangat.

5. Menggunakan pelunak feses

Umumnya pelunak feses direkomendasikan apabila Anda memiliki luka robek pasca-persalinan yang cukup parah, menderita wasir, mengonsumsi suplemen zat besi atau obat penghilang rasa sakit.

6. Minum obat pencahar

Ada beberapa makanan pencahar alami seperti prem (buah plum kering). Apabila Anda ingin mengonsumsi obat pencahar biasa, sebaiknya minta rekomendasi pada dokter.

Sulit buang air besar usai melahirkan yang berlangsung selama beberapa hari, itu hal yang wajar. Namun patut diwaspadai, bila kondisi tersebut berlangsung lebih dari empat hari. Anda mungkin memerlukan obat pencahar yang lebih kuat untuk meredakan sembelit.

Pastikan pula untuk berbicara pada dokter mengenai suplemen atau obat yang Anda konsumsi yang mungkin menyebabkan sembelit pasca-persalinan. Ini dapat membantu Anda untuk mengganti atau menghentikan pemakaian obat tersebut.

 


SEHATQ
 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."