MUA Archangela Chelsea Bagi Kiat Makeup Area Mata Tahan Lama saat Pakai Masker

Ilustrasi makeup mata.

kecantikan

MUA Archangela Chelsea Bagi Kiat Makeup Area Mata Tahan Lama saat Pakai Masker

Rabu, 5 Agustus 2020 08:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang wajib mengenakan masker sebagai bagian dari berpenampilan saat ke luar rumah di masa pandemi Covid-19. Dengan begitu, area mata menjadi pusat perhatian saat berbicara. Walhasil, riasan atau makeup area mata kian berperan penting di masa sekarang. Selain soal warna dan gaya riasan yang memikat, penting pula memperhatikan trik makeup di area mata yang tahan lama. 

Sebabnya, pemakaian masker dan faceshield atau alat pelindung wajah sering kali membuat riasan di sekitar mata tak bertahan lama karena adanya keringat. Kondisi itu pun disadari betul oleh makeup artist atau MUA Archangela Chelsea.

“Pilih produk untuk area mata yang waterproof. Kadang-kadang panas membuat bagian mata kena (keringat),” ungkap MUA yang pernah merias bintang Hollywood Olivia Munn dan Olivia Culpo itu, dalam jumpa pers virtual Selasa, 4 Agustus 2020.

Selain masalah riasan yang tak tahan lama, penggunaan masker dan alat pelindung wajah juga sering kali menimbulkan masalah kulit, terutama jerawat. Itu sebabnya muncul istilah maskne, mask acne atau jerawat yang muncul karena penggunaan masker.

Makeup Director Sociolla itu mengatakan, untuk mencegah jerawat karena penggunaan masker, pilih produk makeup seperti pelembap dan alas bedak yang ringan dengan hasil akhir matte, juga produk non-comedogenic.

“Cari yang matte dan light. Semakin heavy (produk kosmetik) semakin berisiko berjerawat,” jelasnya.

Meski riasan area mata jadi tren selama masa adaptasi kebiasaan baru, Chelsea mengatakan lipstik tak pernah ditinggalkan. Banyak orang yang menggunakan pemulas bibir meskipun di rumah saja ataupun saat memakai masker di luar rumah. Menurutnya, pemakaian lipstik bukan hanya karena ingin tampil cantik, tapi lebih untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri.

"Aku masih menggunakan lipstik meski di rumah aja. Di masa pandemi ini aku memberikan self love untuk diri sendiri. Tapi tren pastinya akan beralih ke mata,” tutur MUA asal Surabaya itu.

Seiring dengan perubahan tren, Co-founder dan Chief Marketing Officer Social Bella, Chrisanti Indiana, mengatakan bahwa penjualan produk makeup untuk mata mengalami peningkatan. Produk yang banyak dicari antara lain eyeliner, eyeshadow, maskara, hingga peralatannya.

“Ada kenaikan signifikan pada produk mata, tapi peningkatan pada skincare juga ada,” papar Santi.

MILA NOVITA