Sering Lapar dan Makan Larut Malam, Ganggu Tidur dan 4 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita makan di tempat tidur. Freepik.com/Bearfotos

Ilustrasi wanita makan di tempat tidur. Freepik.com/Bearfotos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda tentu pernah merasakan lapar larut malam ketika asyik mengikuti serial televisi atau drama Korea favorit. Tak sedikit yang tergoda ngemil, makan berat, atau bahkan memesan junk food melalui aplikasi online. Padahal sekali tergoda makan larut malam, maka sia-sia semua usaha Anda olahraga dan  menjaga asupan makanan sepanjang hari.

Pada akhir hari, tubuh Anda akan memetabolisme apa pun yang Anda masukkan ke dalamnya, dan jika Anda tidak cukup aktif untuk menggunakan energi yang Anda serap darinya, maka itu akan disimpan sebagai lemak yang pada akhirnya akan berakibat buruk untuk kesehatan.

Biasanya makan larut malam jika Anda makan 3 jam sebelum tidur. Jadi, jika Anda bekerja sepanjang hari dan biasanya tidur dari jam 12 malam sampai 8 pagi, larut malam Anda adalah antara jam 9 malam sampai 12 pagi. Sementara studi medis baru-baru ini menunjukkan bahwa makan antara jam 12 siang sampai 11 malam menghasilkan kadar glukosa darah, insulin, dan kolesterol yang lebih tinggi daripada makan antara jam 8 pagi - 7 malam.

Bagi Anda yang sedang berusaha mengurangi lemak dan berat badan, sebaiknya hindari makan larut malam. Sebab, ada 5 efek utama makan larut malam pada kesehata seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Pencernaan yang buruk
Ketika Anda makan malam larut malam, itu menyebabkan beberapa masalah lambung. Ini karena makanan tidak mencerna dengan baik dan menghasilkan sekresi asam yang berlebihan di perut.

2. Kenaikan Berat Badan: Metabolisme tubuh Anda melambat saat malam hari. Juga, itu tidak seefektif membakar kalori seperti pada siang hari. Jadi, makan larut makan akan menambah berat badan. 

3. Efek pada kesehatan mental: Ketika Anda tidak tidur dengan benar, Anda bangun dengan perasaan kesal dan murung. Karena makan malam, Anda mengacaukan jam tubuh Anda. Ini menghasilkan kemungkinan depresi dan kecemasan yang lebih tinggi.

4. Peningkatan tekanan darah: Makan dan tidur larut malam juga bisa menyebabkan hipertensi dan diabetes.

5. Gangguan tidur: Orang yang makan larut biasanya cenderung tidur larut. Ini menghasilkan siklus tidur yang terganggu. Juga, ini bisa menjadi alasan di balik mimpi yang membingungkan di malam hari.

Namun tak dipungkiri rasa lapar larut malam kerap melanda. Nah, jika Anda merasa lapar melewati waktu makan malam normal Anda, ada beberapa cara yang dilakukan. 

Tanyakan pada diri sendiri apakah saya benar-benar lapar. Jika Anda sudah makan malam yang seimbang, Anda mungkin tidak benar-benar membutuhkan makanan lagi. Rasa lapar Anda mungkin merupakan hal lain yang menyamar. Karena itu selalu tanyakan pada diri sendiri: apakah saya lapar?

Hindari karbohidrat. Ini akan membantu menghindari kenaikan besar kadar gula darah, memberi tubuh lebih sedikit kesempatan untuk menyimpan gula darah berlebih sebagai lemak.

Konsumsi makanan kaya serat. Menambahkan beberapa makanan ringan kaya serat ke dalam makanan Anda tidak hanya akan membuat Anda puas dan kenyang, itu juga akan meningkatkan pencernaan untuk membantu Anda tidur lebih baik.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."