4 Tips Mengecat Rambut Sendiri di Rumah Menurut Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

Ilustrasi mengecat rambut. (Teen Vogue)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ingin coba mengecat rambut di rumah karena masih was-was ke salon di tengah pandemi? Simak sejumlah tips yang dibagikan para ahli pewarna rambut. Hal pertama yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mewarnai rambut adalah memperhatikan kondisi rambut.

"Tidak aman mengecat rambut atau memutihkan (bleaching), rambut jika sebelumnya rambut Anda sudah mengalami banyak proses kimiawi, atau jika rambut Anda sudah sangat rusak," tutur pakar mewarnai rambut Lauren Grummel dikutip dari laman Glamour pada Jumat, 17 Juli 2020.

Grummel mengatakan bahwa kunci mengecat rambut adalah bleaching rambut. Sebab kalau tidak bisa tidak rata atau yang paling buruk rambut bisa patah-patah akibat proses kimia.

"Kalau rambut sudah rusak, jujurlah 100 persen pada petugas mewarnai di salon ketika Anda ke salon apa saja yang sudah Anda lakukan pada rambut di rumah. Hanya itu caranya memulihkan kondisi rambut," jelasnya.

Tips mengecat rambut sendiri di rumah

1. Siapkan alat cat berupa kuas dan tentu saja pewarna rambut. Jangan cuci rambut setidaknya dua hari sebelum pengaplikasian cat rambut. Alasannya, minyak alami pada rambut bisa menjadi penangkal iritasi.

2. Tes cat pada helai rambut sebelum mengecat. Hal tersebut akan membantu Anda menentukan waktu. Tekstur rambut Anda akan menjadi faktor di sini: Semakin halus, semakin cepat akan masuk warnanya — Anda mungkin perlu 5 hingga 10 menit lebih sedikit dari yang tertulis dalam kotak cat rambut; jika Anda memiliki rambut kasar atau kering, Anda dapat melakukannya sesuai waktu yang disarankan.

3. Baca kembali, dan ikuti instruksi di kotak kemasan. Jangan mengaplikasikan cat dari akar ke ujung sekaligus.

4. Untuk membantu mendapatkan warna yang merata, oleskan cat rambut setengah inci dari kulit kepala Anda dan lanjutkan sampai ke ujung-ujungnya. Panas dari kepala Anda membuat warna berkembang lebih cepat di akar.

"Lalu, di tengah-tengah waktu pemrosesan, kembalilah dan tutupi akar rambutmu," ujar pakar mewarnai rambut Kiyah Wright.

Saat mengoleskan cat rambut, gunakan kuas warna untuk mendapatkan hasil yang lebih profesional dan tepat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."