Memahami 5 Sisi Positif Saat Pandemi Covid-19, Patut Disyukuri

Ilustrasi perempuan tersenyum. fullhdpictures.com

keluarga

Memahami 5 Sisi Positif Saat Pandemi Covid-19, Patut Disyukuri

Sabtu, 18 Juli 2020 21:23 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, JakartaPandemi Covid-19 membuat banyak orang terpuruk. Kesulitan mendapatkan penghasilan, semua rencana berantakan, bosan di rumah, beban pekerjaan bertambah, dan sebagainya.

Di antara semua kenyataan pahit itu, ada hal-hal selama pandemi Covid-19 yang perlu disyukuri. Satu yang utama adalah kesehatan. Jaga kondisi tubuh agar tetap kuat menghadapi segala tantangan ke depan.

Yang kedua adalah tidak melupakan tujuan utama hidup, yakni bahagia. Dan merasa bahagia bisa diawali dengan bersyukur. Mengutip laman Your Tango, setidaknya ada lima hal yang perlu disyukuri selama pandemi Covid-19.

Bukan berarti mengesampingkan semua tantangan yang terjadi selama wabah corona. Tapi setidaknya ini bisa mengalihkan perhatian kita ketimbang terus mengeluh. Berikut ulasannya:

  1. Waktu bersama keluarga

    Selama bekerja dari rumah, kamu akan merasakan bagaimana rumah menjadi lebih hidup. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan banyak waktu dihabiskan bersama keluarga. Jika sebelum pandemi Covid-19 kamu terbiasa pulang larut malam saat anak-anak sudah tidur, sekarang bisa berbincang atau bercanda dengan mereka sebelum tidur.

    Apabila sebelum wabah corona melanda amat sulit mencari waktu untuk bisa makan bersama sekeluarga, kini nikmatilah momentum kamu bisa menyantap hidangan bersama keluarga di rumah. Berdoa bersama, memasak bersama, bermain bersama, semua dilakukan bersama orang-orang tercinta di rumah.

  2. Fokus dengan kebugaran tubuh

    Ketika semua pusat kebugaran ditutup, kamu memang harus berimprovisasi untuk tetap berolahraga di rumah. Namun sekarang, kamu tak perlu melihat ke kiri dan ke kanan untuk memastikan kondisi fisikmu lebih baik dari orang lain. Fokus pada diri sendiri, dengarkan kebutuhan tubuhmu, tanpa perlu membandingkannya dengan orang lain.

  3. Hidup lebih simpel

    Bagi sebagian orang, keluar rumah untuk urusan apapun artinya harus mandi, memilih pakaian, memakai makeup, mencatok rambut, dan segala hal untuk menunjang penampilan. Sementara selama berada di rumah, kamu tidak perlu melakukan itu semua.

    Ada rapat online, cukuplah bagian kepala sampai dada yang terlihat. Kamu juga bisa menggunakan foto sehingga orang lain tak melihatmu. Semua jadi lebih irit. Irit pengeluaran untuk laundry karena busana kerjamu masih tertata rapi di lemari, irit makeup dan parfum juga.

  4. Bebas dari kemacetan

    Macet adalah pengalaman dan pemandangan biasa saat berangkat dan pulang kerja. Berdesakan di bus, kereta, dan sarana transportasi umum lainnya sudah lumrah. Namun selama pandemi Covid-19, hal itu tak lagi dirasakan. Tak ada lagi ongkos yang keluar, berhadapan dengan debu di jalanan, berpacu dengan waktu selama dalam perjalanan, dan sebagainya. Cukup melangkah ke ruang kerja, menyalakan komputer, pastikan koneksi internet lancar. Dan mulailah bekerja.

  5. Hobi

    Mereka yang bosan di rumah akan mencari aktivitas baru yang seru. Mereka akan menilik lagi apa kira-kira kegiatan menarik yang bisa menjadi hobi barunya. Ada yang memilih bernyanyi, menggambar, menulis puisi, dan lainnya. Kamu bisa mengatur sendiri mulai dan selesai bekerja pada pukul berapa.