Cegah Corona, Makanan Kaya Serat dan Vitamin D Perkuat Imunitas

Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

kesehatan

Cegah Corona, Makanan Kaya Serat dan Vitamin D Perkuat Imunitas

Kamis, 16 April 2020 21:05 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Konsumsi makanan bergizi salah satu satu tindakan menangkal virus corona baru atau COVID-19. Dengan asupan bergizi, daya tahan tubuh atau imunitas bisa menjadi  perisai dari virus atau bakteri jahat yang masuk dalam tubuh.

Agar semakin beragam pilihan asupan bergizi Anda, kami suguhkan pilihan dari sayuran, buah, camilan hingga minuman mengutip laman Times of India, Rabu, 15 April 2020

1. Makanan kaya serat

Makanan kaya serat mengandung vitamin dan mineral. Kandungan ini bermanfaat melawan infeksi dan virus yang dapat menyerang dan melemahkan imunitas.

“Memperkaya makanan tubuh Anda dapat menguatkan imunitas. Makanan kaya serat seperti yogurt, bayam, kacang almond, pir, teh hijau, biji bunga matahari, dan olahran jeruk harus dimasukkan ke dalam makanan," jelas Rita Bakshi, ginekolog senior dan pendiri International Fertility Center di India. 

2. Makanan kaya vitamin D

Vitamin D dianggap sebagai salah satu nutrisi paling efektif dalam menangani virus yang ada di lingkungan. Vitamin ini membantu menangkal dan melindungi tubuh dari infeksi. Salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan Vitamin D adalah sinar matahari. 

Namun, karena Anda diimbau di rumah saja, cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh lewat makanan. Contohnya salmon, ikan, telur, keju cheddar, dan jamur yang membantu meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

"Bersamaan dengan ini, penting bagi seseorang untuk tidur nyenyak, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol, mengelola stres, dan tetap terhidrasi secara optimal," imbuh Rita.

Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

3. Kunyit dan makanan anti-inflamasi

Makanan anti-inflamasi atau cegah peradangan juga berkhasiat memperkuat pertahanan dalam tubuh. Asupan seperti kunyit, tomat, minyak zaitun, jahe, minyak ikan, walnut, blueberry, dan yang kaya akan Omega-3 membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

4. Teh ginseng

Teh ginseng kaya kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai perisai tubuh dari flu musiman. Kehadiran antioksidan membuat minuman ini obat alami untuk melawan antibodi dan infeksi. Ginseng telah dikenal karena sifat detoksifikasi dan pemurniannya. Tak hanya itu, teh ginseng juga menambah energi dalam tubuh dan memperkuat imunitas dalam jangka panjang.

MILA NOVITA