Idap Diabetes, Halle Berry Bagi Kiat Hindari Makan Gula dan Karbo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Halle Berry di premier film John Wick 3. Instagram/@halleberry

Halle Berry di premier film John Wick 3. Instagram/@halleberry

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Halle Berry didiagnosis menderita diabetes pada usia 22 tahun. Sejak saat itu, aktris 53 tahun ini tak lagi mengonsumsi makanan tertentu. Apakah sulit? Ia tak menampik awalnya kesulitan. Tapi setelah tiga minggu, hasrat untuk menyantap hidangan tersebut bisa dikontrol dengan baik.

“Sejujurnya, saya merasa jauh lebih sehat dan lebih bersemangat setelah menyantap beberapa makanan khusus,” ucap Halle Berry seperti dilansir dari laman Women's Health.

Apa saja jenis makanan yang dihindari bintang Catwoman ini untuk mengontrol diabetesnya

1. Gula

"Ketika saya berusia 19 atau 20 tahun, tepat sebelum saya didiagnosis menderita diabetes, saya adalah pecandu gula total. Saya memulai hari dengan semacam sereal manis dan permen," ujarnya.

Namun setelah didiagnosis, ia mulai berhenti mengonsumsi gula, termasuk buah super manis. Saat berhenti mengonsumsi gula, awalnya ia mengalami sakit kepala dan perubahan suasana hati yang mengerikan. Namun beberapa minggu kemudian, ia mulai merasa lebih baik.

“Akhirnya, keinginan saya untuk makan gula benar-benar hilang. Aku bahkan tidak suka rasanya lagi. Sekarang, bahkan jika Anda menaruh sepiring makanan penutup raksasa di depan saya, saya tidak tertarik sama sekali,” ujarnya yang hanya makan makanan manis pada hari ulang tahun anaknya.

Ia juga makan camilan buah-buahan rendah gula seperti blackberry dan raspberry.

2. Karbohidrat Putih

Selain gula, ia juga berhenti konsumsi karbohidrat putih untuk mengelola diabetesnya, termasuk beras, pasta, dan roti. Banyak yang penasaran, bagaimana caranya mengurangi roti.

“Tapi sama seperti gula, ketika Anda memberi tubuh Anda cukup waktu tanpanya, palet Anda berubah dan kehilangan daya tariknya,” tukasnya.

Setelah mengurangi karbohidrat putih ini dari makanan dan belajar lebih banyak tentang gaya hidup keto, ia mulai mengurangi makanan tinggi karbohidrat lebih lanjut dan bertukar alternatif rendah karbohidrat dan banyak lemak sehat.

“Jadi, alih-alih memiliki kentang tumbuk, saya membuat kembang kol tumbuk dengan mentega dan garam. Sangat lezat dan lembut, anak-anak saya bahkan tidak tahu bedanya. Atau, ketika anak-anak saya makan pasta, saya memilih mie zucchini. Pertukaran sederhana ini memudahkan saya untuk menikmati makanan bersama anak-anak saya dan masih menyehatkan tubuh saya dengan cara yang cocok untuk tubuh saya,” imbuhnya.

Baca juga: Rahasia Awet Muda Halle Berry, Rutin Mengonsumsi Kaldu Tulang

3. Wine Konvensional

Halle Berry juga berhenti konsumsi wine. Sebenarnya wine salah satu minuman favoritnya. Tapi ia lebih memilih mempertahankan gaya hidup sehat untuk kelola diabetesnya. Alhasil, ia mencari cara minum wine yang lebih sehat.

Kini Hale Berry beralih minum wine alami, organik, dan biodinamik yang tak mengandung gula atau bahan kimia tambahan apa pun. Menurutnya, citarasa yang lebih bersahaja dan lebih hangat dari anggur-anggur ini membutuhkan waktu untuk membiasakan diri pada awalnya, tetapi sekarang ia lebih suka meminumnya daripada apa pun.

“Sementara wine konvensional sering membuat saya berdengung cepat dan membuat saya sakit kepala, ini tidak. Sekali lagi, saya tidak akan kembali ke barang-barang lama untuk sesaat,” tandasnya.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."