Alasan Shandy Aulia Berikan MPASI kepada Putrinya di Usia 4 Bulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Shandy Aulia memberikan MPASI pertama kepada anaknya, Claire Herbowo, di usia 4 bulan. (Instagram/@shandyaulia)

Shandy Aulia memberikan MPASI pertama kepada anaknya, Claire Herbowo, di usia 4 bulan. (Instagram/@shandyaulia)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua, termasuk ibu punya cara masing-masing dalam mengasuh buah hatinya, tak harus selalu sama. Bedanya langkah yang diambil pasti demi kebaikan buah hati mereka. Contohnya, aktris Shandy Aulia memutuskan memberi Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI kepada putrinya, Claire di usia empat bulan. Meski tidak sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia yang menganjurkan MPASI diberikan di usia 6 bulan, Shandy punya pertimbangan sendiri sesuai konsultasi dari dokter. 

“Claire dipersilakan dan boleh untuk MPASI sebelum 6 bulan. Kenapa? Karena daya mengecap Claire sudah baik dan Claire sudah mau dan sudah diperbolehkan. MPASI memang nggak harus 6 bulan tapi kembali lagi itu tergantung setiap anak karena setiap anak beda-beda,” tutur Shandy hannel YouTube-nya, “4 Bulan Sudah MPASI?!” pada Sabtu, 11 Juli 2020.

Beberapa hari sebelumnya, Shandy mengunggah video di Instagram yang memperlihatkan Claire tertarik saat melihat ibunya makan salad. 

Untuk MPASI pertama Claire Herbowo, Shandy memilih alpukat ditambahkan ASI dan sedikit madu. Menurut dia, alpukat dipilih setelah berkonsultasi dengan dokter gizi anak.

“Karena yang pasti ini lunak dan banyak banget gizinya manfaatnya luar biasa dan ini akan jadi makanan pertama dalam kehidupan Claire,” ujarnya.

Unggahan video ini mendapat lebih dari 350 komentar setelah sehari ditayangkan. Warganet membahas keputusan Shandy memberikan MPASI dini dan menambahkan madu sebagai perasa. Sebagian warganet menebak keputusan itu diambil karena berat badan Claire kurang.

Shandy menjelaskan lebih lanjut di unggahan Instagramnya di hari yang sama. Ia mengutarakan, sebagai ibu ia ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Namun, terbaik untuk ia juga, bukan berarti terbaik untuk ibu-ibu lain di Indonesia.

Ia juga menampik keputusannya memberikan Claire MPASI di usia 4 bulan bukan karena berat badannya kurang. Claire dalam kondisi baik dan sehat, jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan ciri anak sehat tidak harus montok dengan pipi yang chubby. Bukan berarti para ibu baru bisa nyaman jika anaknya sudah montok. “Untuk Claire saya nyaman dan tenang dengan berat anak saya sekarang ini, karena cara pandang saya (tentang) bayi sehat tidak harus dengan tampak bobot yang montok dan gendut,” imbuhnya.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."