Ceyco Georgia Berani Tegur Perokok Sembarangan, Jangan Coba Mulai

Ceyco Georgia Zafana. Instagram

profil

Ceyco Georgia Berani Tegur Perokok Sembarangan, Jangan Coba Mulai

Rabu, 8 Juli 2020 06:31 WIB
Reporter : Mahardika Satria hadi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Karateka putri Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung mengatakan merokok adalah pantangan besar. Dia tak segan mengingatkan siapa pun yang mengisap produk olahan tembakau paling populer itu di dekatnya atau di dekat ibu hamil dan anak-anak.

"Semoga teman-teman lain juga berani menegur perokok agar tidak merokok sembarangan," kata Ceyco saat dihubungi pada Jumat, 12 Juni 2020. Sebagai atlet, Ceyco menghindari rokok agar tetap sehat.

Peraih medali perak SEA Games 2019 Filipina ini prihatin mendapati fakta bahwa generasi muda menjadi salah satu target pasar terbesar industri tembakau di Indonesia. Bahkan banyak anak muda yang terpaksa mengubur impian dan cita-citanya karena memilih merokok.

Atlet karate, Ceyco Georgia. (instagram/@ceycogeorgia)

Perempuan 21 tahun, ini menilai kampanye pengendalian tembakau perlu digencarkan. Dia terlibat dalam 'Don’t Start', kampanye global untuk mengajak para perokok berhenti merokok dan mengingatkan anak muda agar menghindari bahaya rokok bagi diri sendiri dan orang lain.

Pada 1 Juni 2020, Ceyco Georgia menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk 'Waspada Jebakan Industri Rokok Menjerat Anak Muda di Era Post-Truth'. Dalam kampanye ini setiap orang bisa ikut menyuarakan alasannya untuk tidak merokok atau berhenti merokok, lalu mengunggahnya di Instagram atau TikTok.

"Isu rokok pas banget dengan fighting spirit saya," ujar Ceyco. Dia berharap pemerintah menetapkan makin banyak kawasan tanpa rokok serta memperketat aturan promosi dan penjualan rokok.