7 Manfaat Air Kelapa, Cegah Batu Ginjal dan Menyehatkan Jantung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu bahwa buah kelapa mengandung 94 persen air dan sedikit lemak. Oleh karena itu, air kelapa mengandung beragam manfaat untuk tubuh. Selain menggantikan cairan tubuh yang hilang, manfaat air kelapa juga berdampak baik untuk ginjal, tekanan darah, hingga jantung. 

Simak selengkapnya sejumlah manfaat air kelapa menurut penelitian dikutip dari Healthline

1. Sumber nutrisi yang baik

Secangkir air kelapa muda berukuran 240 ml mengandung 46 kalori. Selain itu, terdapat juga kandungan lain seperti karbohidrat, serat, protein, Vitamin C, kalium hingga kalsium.

2. Mencegah batu ginjal

Salah satu kunci mencegah batu ginjal adalah dengan minum banyak cairan. Air kelapa merupakan salah satu cairan yang menurut penelitian dapat mencegah batu ginjal dengan mengurangi pembentukan kristal dan batu. Para peneliti percaya air kelapa dapat menekan jumlah radikal bebas akibat kadar oksalat yang tinggi pada urin.

3. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Pada sebuah penelitian, hewan yang yang diberi air kelapa mengalami penurunan kolesterol dalam darah dan trigliserida. Hewan itu juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.

3. Memiliki sifat antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari gangguan yang disebabkan radikal bebas.

4. Mengurangi kadar gula darah

Penelitian terhadap hewan diabetes menunjukkan air kelapa dapat mengontrol kadar gula darah. Air kelapa merupakan sumber magnesium yang baik dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah.

6. Mengurangi tekanan darah

Dalam sebuah penelitian pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi, air kelapa terbukti meningkatkan tekanan darah sistolik pada 71 persen peserta. Selain itu, dalam 240 gram air kelapa juga mengandung 600 gram potasium. Kalium sudah terbukti menurunkan tekanan darah pada manusia.

7. Memulihkan tubuh setelah berolahraga

Air kelapa merupakan minuman yang baik untuk menghidrasi tubuh setelah beraktivitas berat. Pada sebuah penelitian, air kelapa efektif untuk mengisi kembali cairan dan elektrolit yang hilang setelah olahraga. Untuk mendapat hasil yang optimal, disarankan meminum air kelapa muda tanpa tambahan pemanis seperti gula ataupun krimer.

MUHAMMAD AMINULLAH

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."