3 Bahan Alami untuk Atasi Bekas Jerawat yang Menghitam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bekas jerawat. Pixabay.com

Ilustrasi bekas jerawat. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai berjerawat, kita kerap risau dengan bekas jerawat yang menghitam atau kemerahan. Setuju? Kondisi itu terjadi karena tubuh memproduksi sel dengan kandungan melanin terlalu banyak sehingga terjadi hiperpigmentasi. 

Diperkirakan butuh waktu 3 bulan sampai 2 tahun untuk bekas jerawat benar-benar hilang. Itu pun jika tidak tumbuh jerawat baru di lokasi yang sama atau berdekatan. Tapi jangan patah semangat dulu, ada sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk atasinya secara bertahap, termasuk bahan alami. Apa itu?

Berikut bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk atasi bekas jerawat menghitam

1. Lidah buaya

Selain untuk perawatan rambut, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Dalam sebuah uji laboratorium, penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat membuat level melanin di sel lebih stabil.

2. Lemon

Lemon mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu mencerahkan wajah sekaligus meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin C juga merupakan substansi aktif yang dapat menurunkan pembentukan melanin yang bisa membuat bekas jerawat semakin terlihat.

3. Ekstrak grapeseed

Menurut sebuah studi dengan responden yang mengonsumsi ekstrak grapeseed dalam periode enam bulan, kondisi kulit mereka yang mengalami melasma atau bercak berwarna cokelat hingga abu-cokelat di wajah jauh lebih baik.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."