4 Cara Bertamu ke Rumah Teman di Era New Normal

Ilustrasi bertamu mengenakan masker. Shutterstock

ragam

4 Cara Bertamu ke Rumah Teman di Era New Normal

Senin, 6 Juli 2020 20:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di era New Normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19, beberapa di antara kita mulai bertamu ke rumah teman atau saudara untuk urusan yang mendesak. Sama seperti saat bekerja di kantor, olahraga di luar rumah hingga di angkutan umum, kala bertamu pun ada aturan main yang harus diterapkan untuk cegah penularan virus corona. Apa itu?

Berikut tips bertamu di masa New Normal mengutip laman Afar dan Independent

1. Melepas alas kaki dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam rumah

Sebelum masuk ke dalam rumah teman atau saudara, sangat disarankan untuk terlebih dulu melepas alas kaki sebab sepatu bisa membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit, terlebih jika digunakan ke berbagai tempat dalam waktu berdekatan.

Setelah melepas sepatu, jangan lupa mencuci tangan karena kita tidak pernah tahu apa yang sudah disentuh selama perjalanan. Apalagi, jika kita menggunakan transportasi umum yang banyak digunakan orang sehingga risiko membawa penyakit semakin besar.

2. Selalu menjaga jarak dan gunakan masker

Walaupun bertemu dengan orang yang Anda kenal dekat sekali pun, menjaga jarak, dan menggunakan masker tetap harus dilakukan sebab bagaimanapun juga, risiko penularan tetap ada karena kita tidak tahu apakah diri sendiri dan teman dalam kondisi sehat atau tidak.

Berdasarkan imbauan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, jarak yang disarankan sejauh 1-1,5 meter dan masker bisa jenis apa saja selama menutupi hidung dan mulut.

3. Jangan berbagi makanan

Banyak orang menggunakan waktu berkunjung untuk makan-makan juga. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk tidak berbagi makanan pada satu piring yang sama dengan orang lain. Meski penularan virus lewat makanan terbilang rendah, namun percikan air liur dari masing-masing orang yang berdekatan tetap bisa meningkatkan risiko penularan penyakit.

Jika memungkinkan pakai alat makan pribadi seperti sendok dan garpu, yang jadi salah satu barang bawaan wajib saat New Normal. Jangan lupa sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

4. Bersih-bersih saat pulang

Sesuai dengan anjuran pemerintah, Anda disarankan untuk langsung membersihkan diri usai bepergian. Ini pun berlaku saat mengunjungi rumah teman. Jadi, sesampainya di rumah, segeralah mandi. Jangan lupa juga cuci seluruh pakaian yang sudah digunakan. Semprot disinfektan pada pakaian sebelum dicuci agar kuman benar-benar mati.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA