5 Tips Menginap di Hotel saat New Normal

Menginap di Puri Artha Hotel Yogyakarta Ambience Jawa Bali.

kesehatan

5 Tips Menginap di Hotel saat New Normal

Rabu, 1 Juli 2020 19:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Terkait aktivitas bisnis mulai menggeliat di era New Normal atau tatanan baru di tengah pandemi Covid-19, beberapa di antara kita mulai melakukan perjalanan dinas ke luar kota dan menginap di hotel. Adapula yang memilih menginap di hotel karena keperluan keluarga yang mendesak dan kepentingan lainnya.

Tentu ada beberapa protokol kesehatan yang sepatutnya dilakukan agar terhindar virus corona baru atau Covid-19. Mengingat kamar hotel yang kita tempati sudah ditinggali pelanggan sebelumnya, meski pihak hotel juga telah melakukan sejumlah protokol sebagai pengelola. Tapi tak ada ruginya kita melakukan aturan lainnya untuk menjaga kesehatan.

Mengutip laman USA Today dan Washington Post berikut sejumlah tips untuk cegah Covid-19 di kamar hotel

1. Buka jendela kamar

Saat menginap di hotel, pastikan Anda membuka jendela kamar setidaknya selama 30 menit. Secara khusus, ini disarankan untuk dilakukan ketika Anda pertama kali sampai di kamar. Sebab, kita tidak pernah tahu tingkat kebersihan kamar tersebut. Membuka jendela bisa menjaga dan menyeimbangkan sirkulasi udara.

2. Selalu beri disinfektan barang yang disentuh pegawai hotel

Setelah sehari menginap, pada pagi hari umumnya pegawai hotel akan masuk ke kamar untuk melakukan pembersihan. Ada baiknya, Anda mengawasi kerja mereka sembari memberi disinfektan barang-barang yang tersentuh. Sebab, kita tidak pernah tahu kondisi fisik dan higienitas pegawai.

Baca juga: Cara Bersihkan Tas, Gawai, dan Sepatu di Era New Normal

3. Bersihkan kamar mandi sebelum dipakai

Sebelum Anda mandi, ada baiknya untuk melakukan sedikit pembersihan. Caranya cukup mudah, yakni dengan menyalakan air panas dan semprotkan sedikit sabun ke dalam bak mandi. Tinggalkan selama satu menit untuk menggelontorkan bakteri yang menempel. Baru setelahnya, Anda bisa langsung menggunakannya.

4. Membersihkan belanjaan, koper, dan tas yang dibawa

Bakteri dan virus tidak hanya menempel di properti hotel saja, namun barang pribadi Anda. Terlebih jika sebelumnya Anda membawa koper masuk lewat lobi atau meletakkan tas di atas meja resepsionis. Untuk itu, segera bersihkan semua barang yang Anda bawa dengan menyemprotkan desinfektan dan hindari meletakkannya langsung di atas tempat tidur.

5. Sepatu wajib dibungkus

Sepatu yang telah dibawa jalan seharian penuh melewati lantai hotel juga berpotensi membawa virus. Untuk itu, ada baiknya jika Anda membersihkan dan menyimpan sepatu sebelum dibawa masuk ke kamar.

Caranya cukup lap sepatu dengan menggunakan tisu beralkohol. Lalu, masukkan ke dalam tas plastik agar sepatu tetap terlindungi meski dibawa masuk ke kamar.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA