Cara Bersihkan Tas, Gawai, dan Sepatu di Era New Normal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sepatu anak (pixabay.com)

Ilustrasi sepatu anak (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah aktivitas dilakukan secara bertahap di era New Normal atau tatanan baru di tengah pandemi Covid-19 dengan sejumlah protokol kesehatan. Selain itu, kita juga wajib rutin membersihkan barang pribadi saat kembali ke rumah usai aktivitas. Apa saja itu?

Berikut empat di antaranya barang yang wajib dibersihkan lantaran berisiko tinggi membawa virus ke tempat tinggal Anda

1. Tas

Tas yang Anda gunakan untuk menyimpan barang juga berisiko tinggi sebagai media atau tempat tinggal virus. Sebab, virus bisa menempel saat orang di sekitar Anda berteriak, batuk maupun bersin. Studi juga mengungkapkan jika virus dapat menempel hingga beberapa jam di tas.

Untuk membersihkannya, mulai gunakan tisu desinfektan ke bagian luar permukaan tas guna mengangkat semua kotoran dan debu. Namun untuk bagian seperti gagang, ritsleting, dan logam, Anda bisa menggunakan cairan hand sanitizer lantaran bahannya yang lebih rapuh.

2. Sepatu

Sepatu dan semua jenis alas kaki sangat penting untuk dibersihkan usai digunakan. Sebab, barang ini bisa menginjak berbagai mikroorganisme penyebab penyakit khususnya setelah berada di kerumunan, menggunakan transportasi umum ataupun berbelanja di supermarket. Penelitian juga membuktikan bahwa virus bisa menempel hingga tiga hari di permukaan sepatu.

Lalu, bagaimana cara membersihkannya? Pertama, lap bagian sol dengan tisu beralkohol di luar rumah. Lalu, masukkan sepatu ke dalam ruangan dan mulai cuci dengan air hangat dan detergen. Setelah itu, segera keringkan dengan ventilasi udara yang baik hingga sepatu siap digunakan kembali.

Baca juga: New Normal, Ini Barang Bawaan Wajib saat Olahraga di Luar Rumah

3. Baju

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa virus corona juga dapat menempel di pakaian selama dua hari. Layaknya tas, mikroorganisme dapat bersarang di baju saat orang di sekitar Anda batuk dan bersin.

Bagaimana cara membersihkannya? Tentu sudah ada instruksi dari setiap label pakaian yang bisa Anda ikuti. Namun secara garis besar, pakaian sebaiknya dicuci dengan tangan menggunakan air hangat dan detergen.

Pertama, rendam dahulu pakaian selama lima menit sebelum menggosoknya. Jangan lupa untuk langsung mengeringkan agar tidak menyebabkan merusak dan menyusutkan pakaian.

4. Gawai

Gawai juga bisa menjadi tempat tinggal bagi virus karena penggunaannya tak lepas dari tangan Anda. Kita tahu, tangan menjadi media utama penyebaran virus karena aktivitas kita yang gemar menyentuh barang.

Untuk itu, membersihkannya usai beraktivitas di luar ruangan sangatlah penting. Caranya, gosok permukaan gawai dengan tisu desinfektan. Jika tidak memilikinya, siapkan campuran air suling dan 70 persen isopropil alkohol dan semprotkan pada kain untuk membersihkan bagian layar ponsel Anda.

Bagi area yang lebih kecil seperti ruang di sekitar lensa kamera, port atau tombol attachment, gunakan cotton bud kering atau tusuk gigi kayu untuk membersihkan semua penumpukan kotoran.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | MEDICAL NEWS TODAY | SCMP.COM

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."