5 Manfaat Ampas Kopi untuk Kulit Wajah dan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Athena Lam

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Athena Lam

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai menyeduh kopi kerap membuang ampasnya ke tempat sampah. Siapakah yang seperti itu? Bila Anda salah satunya, sebaiknya intip manfaat ampas kopi yang baik untuk tubuh. Selain urusan kulit wajah, kesehatan rambut pun dijaga.

Berikut manfaat ampas kopi

1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat ampas kopi untuk kulit wajah sangatlah bervariasi, salah satunya mengangkat sel kulit mati. Sebab, ampas kopi bertekstur kasar, sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang membandel.

Campurkan saja sedikit ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, kemudian gosokkan ke tubuh atau wajah. Jika ingin menggunakannya di bibir, campurkan dulu ampas kopi dengan madu, supaya rasa pahitnya bisa dinetralkan.

Perlu diketahui, ampas kopi mengandung kafein yang bersifat antioksidan, sehingga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, antioksidan dalam kafein dipercaya mampu memperlancar aliran darah. 

Namun ingat, jangan jadikan ampas kopi sebagai pengganti obat-obatan kulit yang diresepkan oleh dokter, ya! Jika perlu, datanglah ke dokter untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

2. Mengurangi gejala selulit

Selulit adalah penyakit kulit yang setidaknya akan dirasakan oleh 80-90% wanita dewasa. Ketika kafein yang ada pada ampas kopi dioleskan ke bagian selulit, lemak akan terpecah dan aliran darah meningkat, dan mengikis selulit sedikit demi sedikit.

Campurkan saja ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, dan oleskan selama 10 menit ke bagian selulitnya sebanyak dua kali dalam seminggu. 

3. Menghilangkan lingkar hitam di bawah mata

Kulit di bagian mata mengandung jaringan lemak yang sangat sedikit. Karenanya, tanda-tanda penuaan akan muncul dengan cepat di bagian itu, salah satunya lingkar hitam di bawah mata. Manfaat ampas kopi selanjutnya adalah menghilangkan lingkar hitam di bawah mata. Sebab, kafein yang dikandung ampas kopi memiliki sifat antioksidan.

Beberapa studi membuktikan, produk kecantikan kulit yang mengandung kafein dan antioksidan sangat ampuh mencegah tanda penuaan dan lingkar hitam di bawah mata.

Selain itu, sifat antiperadangan yang dimiliki kafein juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke bagian mata, sehingga menghilangkan lingkar hitam di sana.

4. Menyehatkan kulit kepala

Manfaat ampas kopi tidak hanya berdampak baik pada kulit wajah saja, tapi juga kulit kepala. Sebab, ampas kopi dipercaya dapat mengangkat dan mencegah penumpukan sel kulit mati pada kulit kepala!

5. Menstimulasi pertumbuhan rambut

Beberapa studi tes tabung membuktikan kalau manfaat ampas kopi dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Sebab, ampas kopi mengandung kafein, yang dipercaya bisa “merangsang” pertumbuhan rambut supaya semakin subur. 

Dalam beberapa studi pada manusia dan hewan uji, mengoleskan kafein ke kulit dapat meningkatkan aliran darah serta mempercepat pertumbuhan rambut.

Saat Anda mandi, ambil satu kepal ampas kopi dan oleskan di kulit kepala Anda secara menyeluruh, selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan dengan air mengalir serta sampo. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Perlu diingat sekali lagi, manfaat ampas kopi dapat dirasakan jika dioleskan ke kulit, bukan mengonsumsinya. Sebab mengonsumsi ampas kopi bisa membahayakan kesehatan Anda. 

Ampas kopi mengandung cafestol dan kahweol, dua komponen yang bisa meningkatkan kolesterol secara signifikan. Sebuah riset membuktikan, mengonsumsi 7 gram ampas kopi per hari, selama tiga minggu, bisa meningkatkan kolesterol secara signifikan.

 SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."