Ini Alasan Dokter Tak Sarankan Makeup di Tempat Umum saat Pandemi

Ilustrasi wanita sedang makeup. Unsplash.com/Kevin Laminto

kecantikan

Ini Alasan Dokter Tak Sarankan Makeup di Tempat Umum saat Pandemi

Sabtu, 27 Juni 2020 08:17 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - New Normal atau normal baru di tengah pandemi Covid-19 membuat kita semakin memperketat tingkat kebersihan benda di sekitar kita. Termasuk produk makeup atau kosmetik dan cara pemakaiannya yang aman. 

Sebab penggunaan kosmetik banyak di area bibir dan sekitar mata, kedua area tersebut menjadi tempat masuknya virus dari droplet orang yang terinfeksi.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Susie Rendra dari Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, langkah pertama yang harus dilakukan sebelum makeup masih sama seperti sebelumnya, yaitu mencuci tangan.

"Bila memungkinkan, gantilah kosmetik kita dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan selama masa work from home kurang lebih selama hampir tiga bulan. Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali," jelas Susie dalam siaran resmi yang diterima Antara pada Jumat, 26 Juni 2020. 

Selanjutnya, pakailah kosmetik selama masih berada di dalam rumah. Sebaiknya tidak memakai kosmetik di tempat umum, sebab ada risiko droplet mikro di udara menempel di permukaan kosmetik.

Baca juga: Warna Makeup Mata Ini Bikin Kamu Tetap Menawan saat Pakai Masker

Seperti barang pribadi lainnya, pakailah kosmetik milik sendiri. Jangan meminjamkan kepada orang lain, begitu pula sebaliknya selama pandemi.

"Kita tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala," imbuhnya.

Anda pun harus rutin membersihkan wadah kosmetik menggunakan sabun atau bahan antiseptik lain. Bila perlu, bersihkan setiap hari. Cuci juga kuas dan spons secara berkala agar kebersihannya terjaga.

Tak hanya itu, pakai kosmetik sesuai rentang waktu yang dianjurkan produsen, biasanya berkisar tiga hingga enam bulan.

"Selalu gunakan kosmetik saat wajah bersih. Hindari touch-up (menambahkan, mengoreksi) kosmetik saat kita di luar rumah dan tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu," ujarnya.

Bila Anda terinfeksi Covid-19, segera hentikan penggunaan makeup.

"Kosmetik dapat kembali digunakan setelah melewati masa hidup virus yang telah kita ketahui. Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh," pungkasnya.