Idap Dermatitis Perioral, Hailey Baldwin Selektif Pilih Kosmetik

Hailey Baldwin. Instagram.com/@haileybieber

kecantikan

Idap Dermatitis Perioral, Hailey Baldwin Selektif Pilih Kosmetik

Minggu, 19 April 2020 17:15 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Baru-baru ini, Hailey Baldwin mengaku mengidap dermatitis perioral dalam wawancara suatu majalah. Menurut istri Justin Bieber ini, gangguan kulit tersebut mempengaruhi rutinitas perawatan kulit atau skincare pilihannya.

Menurut American Academy of Dermatology, dermatitis perioral biasanya menyebabkan ruam merah seperti jerawat di sekitar mulut, kadang-kadang juga di sekitar hidung dan mata. Ruam ini sering terasa gatal, kadang-kadang disertai dengan sensasi terbakar. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi ini dapat dipicu oleh iritasi kulit dari produk atau alergi.

"Saya menderita dermatitis perioral, sehingga produk-produk tertentu mengiritasi kulit saya, memberi saya ruam gatal yang mengerikan di sekitar mulut dan mata saya," ucap Hailey Baldwin kepada majalah Glamour UK, seperti dikutip Teen Vogue, Kamis, 16 April 2020.

Itu sebabnya, model berusia 23 tahun itu sangat pemilih dalam hal kosmetik ataupun skincare. Ia selalu berusaha menghindari pewangi dalam produk karena menurutnya itu berlebihan untuk kulit.

“Tapi bagaimanapun, saya tidak selalu tahu apa yang diaplikasikan di kulit saya saat saya dirias oleh banyak penata rias yang berbeda,” ujarnya.

Bagaimana dia mengendalikan masalah kulitnya? Ia mengatakan bahwa karena keterbatasan waktu, ia menerapkan rutinitas kulit yang sangat minimal, yaitu pembersih, serum, dan pelembap.Bila punya waktu lebih, ia akan menambahkan masker wajah. Satu hal yang penting, ia tidak pernah tidur dengan makeup.

Pekan lalu, ia mengikuti kelas dengan dokter Barbara Sturm. Salah satu tips perawatan kulit yang dipelajari adalah mengaplikasikan produk ketika kulit sedang lembap sehingga bisa menyerap nutrisi lebih banyak.

Hailey juga mengungkapkan bahwa penggunaan alat kontrasepsi turut mempengaruhi kondisi kulitnya.

"Saya menggunakan alat kontrasepsi sekarang di mana saya jadi tidak menstruasi, tetapi saya masih merasakan gejala premenstrual syndrome atau PMS dan ini juga dapat mempengaruhi kulit saya juga. Kulit saya sebenarnya jauh lebih baik di Kanada di mana ada udara yang lebih bersih, daripada ketika saya berada di New York atau Los Angeles,” tutur Hailey Baldwin.

MILA NOVITA