Chacha Frederica Cari Ritme Olahraga usai Lahiran, Ini Saran Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Chacha Frederica. Instagram.com

Chacha Frederica. Instagram.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan presenter Chacha Frederica mengisahkan dirinya belum kembali berolahraga usai melahirkan Cassia Shakir Ganinduto pada 25 April 2020.

"Hebat ih ibu-ibu yang baru melahirkan udah bisa langsung olahraga... aku belum dapat ritmenya aja kali," tulis istri Dico Ganinduto ini dalam unggahan Instagram pada Jumat, 26 Juni 2020.

Sebab saat putrinya tidur, Chacha melakukan kegiatan selain olahraga. "Kalo babynya bobo, aku makan, pompa, dan pengen ikutan tidur, bisa dapat 1 jam wah enak banget, biasanya 30 menit merem babynya udah minta susu lagi," jelas Chacha.

Kemudian perempuan 30 tahun ini bertanya kepada warganet bagaimana cara bagi waktunya agar bisa tetap olahraga. Apakah Anda juga tengah merasakan pengalaman yang sama seperti Chacha? Mencari cara pembagian waktu di tengah penyesuaian rutinitas usai melahirkan. Sebelum sampai ke sana, pertimbangkan dulu sejumlah hal berikut.

Menurut dokter Huma Farid dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat,  waktu terbaik berolahraga tergantung kondisi sang ibu.

"Waktu untuk mulai berolahraga setelah melahirkan setidaknya tergantung pada seberapa banyak perempuan tersebut berolahraga selama kehamilan, jenis persalinan apa yang dia miliki dan
apakah ada komplikasi selama persalinan," ungkap dr. Farid seperti dilansir dari laman Purewow.

Baca juga: 4 Mitos Bersalin di Masa Pandemi Covid, Termasuk Soal Air Kelapa

Selain itu, tingkat kebugaran Anda sebelum hamil dapat menjadi faktor penentu. Jika Anda berolahraga secara teratur dan dalam kondisi fisik yang baik sebelum hamil, Anda mungkin akan  memiliki waktu yang lebih mudah untuk kembali berolahraga setelah melahirkan. 

"Tapi setidaknya jangan memaksakan diri untuk langsung berolahraga yang berat seperti dulu. Ambilah waktu beberapa bulan untuk mengembalikan irama latihan Anda," imbau Dokter Felice Gersh, pendiri dan direktur Grup Medis Integratif Irvine di Amerika Serikat.

Sementara dokter Farid menambahkan bahwa perempuan yang melahirkan secara normal dan tanpa komplikasi bisa mulai olahraga sekitar empat hingga enam minggu usai melahirkan. Sementara untuk perempuan yang melahirkan dengan cara operasi caesar bisa mulai olahraga setelah enam minggu usai melahirkan.

"Kapan pun waktunya, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter saat pemeriksaan rutin postpartum tentang keinginan Anda untuk olahraga," tegas dokter Farid.

Lalu jenis olahraga apa yang disarankan usai bersalin? Sebagai langkah awal, dokter Farid menyarankan pasiennya untuk berolahraga dengan cara jalan cepat keliling kompleks perumahan.

"Namun, jika berolahraga menyebabkan rasa sakit, saya sarankan mereka menunggu satu hingga dua minggu lagi sebelum memulai lagi," tuturnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, ibu harus mulai meningkatkan olahraga secara bertahap.

"Saya akan merekomendasikan mulai secara bertahap dengan jalan cepat sekitar 10 hingga 15 menit dalam durasi dan meningkat secara bertahap hingga kembali ke rutinitas olahraga-nya. Dan bagi ibu yang melakukan operasi caesar, saya sarankan menghindari latihan angkat beban selama enam minggu tambahan," tandasnya.

Sementara dokter Gersh merekomendasikan olahraga seperti aerobik dengan intensitas rendah, berenang, aerobik air, yoga, atau hanya dengan peregangan otot. Di gym, ibu bisa mulai melakukan olahraga stasioner menggunakan sepeda statis, elliptical, maupun naik-turun tangga.

Sekali lagi, konsultasi dulu dengan dokter kandungan ya, Bu.

SILVY RIANA PUTRI | GALUH PUTRI RIYANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."