Puteri Indonesia Ayu Maulida Bagi Tips Pilih Kosmetik Aman

Pemenang Puteri Indonesia 2020 Rr Ayu Maulida Putri berjalan di atas 'cat walk' dalam acara malam puncak di Jakarta, Jumat 6 Maret 2020. Ayu Maulida menjadi pemenang setelah menyisihkan tiga pesaingnya Putu Ayu Saraswati asal Bali dan Jihane Almira Chedid asal Jawa Tengah di babak tiga besar. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

kecantikan

Puteri Indonesia Ayu Maulida Bagi Tips Pilih Kosmetik Aman

Kamis, 25 Juni 2020 14:20 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Puteri Indonesia 2020 Raden Roro Ayu Maulida Putri atau biasa disapa Ayu Maulida berbagi tips memilih makeup atau kosmetik yang aman untuk kulit wajah. Hal pertama yang dilihat oleh perempuan asal Jawa Timur itu adalah produk makeup sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM.

Selain itu, ia menyarankan untuk membeli produk dalam ukuran kecil saat pertama kali mencoba agar tidak berlebihan saat diaplikasikan. Wanita 22 tahun itu juga mengingatkan untuk memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit wajah masing-masing.

"Penting diketahui jangan mudah tergiur dengan produk tertentu, tapi ternyata tidak sesuai dengan kondisi kulit kita. Salah pakai produk akan mengakibatkan kulit kita menjadi iritasi," ucap Ayu Maulida dalam Webinar BPOM "Tetap Sehat dan Menarik Di Era Pandemi Covid-19" pada Rabu, 24 Juni 2020.

Baca juga: Puteri Indonesia 2020, Jebolan Hukum yang Berkarier Jadi Model

Selain berbagi tips memilih kosmetik yang aman, Puteri Indonesia 2020 yang juga Duta Kosmetik Aman BPOM ini mengajak masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi BPOM Mobile. 

"Karena banyak produk baru terkait kosmetik, body care atau hair care yang terkadang kita tidak tahu bagaimana memastikan kalau produk ini aman digunakan," kata lulusan Hukum dari Universitas Airlangga, Surabaya, ini.

Pada aplikasi yang bisa diunduh via ponsel Android atau iPhone ini, terdapat empat yang terdiri dari cek produk, riwayat scan, berita, dan pengaduan. Selain mengecek produk via scan barcode, kita juga bisa melakukan pengaduan saat menemukan produk yang belum terdaftar BPOM

Sebagai informasi, kita juga bisa mengunduh aplikasi Cek BPOM. Di aplikasi tersebut, bisa mengindentifikasi keaslian izin edar produk obat, makanan, atau kosmetik. Dengan cara, memasukkan nama produk atau nomor registrasi untuk memastikan keamanannya.