6 Cara Mengakhiri Cinta Segitiga, Catat Dampak Negatifnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi selingkuh. aklat.net

Ilustrasi selingkuh. aklat.net

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cinta segitiga pernah dirasakan oleh beberapa orang. Dalam bentuk hubungan apa pun, baik pacaran hingga pernikahan sekalipun, cinta segitiga bisa terjadi. Hubungan ini bukti bahwa seseorang atau dua orang dalam sebuah hubungan tak bisa menjaga komitmen. 

Dampak buruk utama yang dirasakan dari cinta segitiga adalah menderita secara emosi dan tak tahu bagaimana jalan keluarnya. Jika Anda termasuk orang yang terjebak di dalamnya, pikirkan matang-matang apa pilihan yang harus diambil.

Berikut beberapa cara mengakhiri cinta segitiga

1. Move on

Hal utama yang perlu dilakukan orang yang terjebak dalam cinta segitiga adalah move on atau meninggalkan hubungan yang tak sehat itu. Dalam sebuah cinta segitiga, tidak akan pernah ada kebahagiaan yang seimbang bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya. Komunikasikan pada pasangan untuk mengakhiri cinta segitiga dengan cara yang baik. 

2. Bicara dengan orang terpercaya

Jika bingung dengan perasaan diri sendiri dan pasangan dalam sebuah hubungan cinta segitiga, bicaralah pada anggota keluarga atau sahabat dekat. Sebaiknya cari orang yang bisa memberikan opini objektif. Jika tak ada teman atau anggota keluarga yang bisa menjadi tempat cerita, coba cari konselor profesional. 

3. Cari distraksi

Apabila seseorang terjebak dalam cinta segitiga untuk periode yang cukup lama, bisa jadi yang ditakutkan adalah merasa kesepian. Jika ini yang terjadi, cari distraksi atau pengalih pikiran yang bisa menghabiskan waktu tanpa terasa sekaligus membuat lebih bisa fokus pada diri sendiri. 

Baca juga: Tanda-tanda Pria Setia, Terbuka dengan Masa Lalunya

4. Catat seluruh dampak negatifnya

Perhitungkan seluruh dampak negatif dari hubungan cinta segitiga. Tak hanya membuang waktu dan menutup peluang untuk hubungan sehat dengan orang lain, emosi juga bisa terkuras akibat segala kerumitan dalam cinta segitiga.

5. Kelola ekspektasi

Penting untuk bisa mengelola ekpektasi ketika memutuskan akan mundur dari sebuah hubungan cinta segitiga. Hal terburuknya adalah menjadi bermusuhan dengan kedua belah pihak. Namun seburuk-buruknya skenario yang terjadi, tetap saja akan lebih melegakan apabila sudah keluar dari cinta segitiga. 

6. Yakini perasaan bisa berubah

Baik itu perasaan cinta atau sayang perasaan yang ada dalam sebuah hubungan cinta segitiga pun bisa berubah. Tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi dalam beberapa bulan atau tahun ke depan. Jadi, daripada terjebak dalam hubungan cinta yang rumit, lebih baik mengalokasikan rasa cinta ini pada hubungan yang sah.

SEHATQ

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."