Gaya Annisa Pohan Pakai Batik Papua, Kebaya, dan Songket

Annisa Pohan mengunggah foto menggunakan kebaya saat menghadiri acara pernikahan Kahiyang Ayu di Instagram. Ia tampil cantik dengan kebaya rancangan Saptodjojokartiko. Instagram.com

mode

Gaya Annisa Pohan Pakai Batik Papua, Kebaya, dan Songket

Kamis, 18 Juni 2020 15:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Annisa Pohan sering tampil menawan dalam ragam busana khas Indonesia di berbagai kesempatan. Busana motif batik salah satu andalannya di berbagai kesempatan. Tapi di kesempatan lain, ia juga terlihat anggun memakai busana tenun.

Selain itu, berkebaya juga termasuk ciri khasnya saat mendampingi suami Agus Harimurti Yudhoyono menghadiri berbagai undangan seperti pernikahan hingga menghadiri upacara kemerdekaan setiap 17 Agustus di Istana Negara.

Menilik unggahan Instagram-nya, berikut gaya Annisa Pohan mengenakan ragam busana khas Indonesia

1. Batik Papua

Dalam unggahan 17 Juni 2020, ibu satu putri ini tampak bergaya di dalam ruangan kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. Seperti kita ketahui bersama, selain sibuk mengurusi rumah tangga dan yayasan Tunggadewi, kini Annisa juga mengemban amanah baru mendampingi suami jadi Ketua Umum Partai Demokrat menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Hari ini saya berkunjung ke kantor DPP Demokrat mengenakan batik Papua," tulisnya di keterangan foto. Di foto tersebut, Annisa tampak mengenakan gaun midi atau sepanjang betis motif batik Papua berwarna biru. Gaun lengan panjang bentuk puff itu memiliki detail pita di bagian depannya.

Untuk gaya rambut, ia membiarkan rambutnya tergerai dengan sentuhan blow out di ujung rambut.

Ia melengkapi penampilannya dengan aksesori gelang dan sepatu wedges warna hitam. Tak lupa, ia memakai masker sebagai salah satu protokol kesehatan saat ke luar rumah. Masker pilihannya warna biru dihiasi logo partai yang dibentuk ayah mertuanya.

2. Kebaya

Annisa berkebaya merupakan tampilan yang kerap dilihat di berbagai acara resmi. Ragam kebaya yang dipakainya antara lain kutu baru, kebaya kartini, kebaya panjang, kebaya encim hingga kebaya modern. Ia mengungkapkan berkebaya salah satu kesenangannya. 

"Berkebaya saat menghadiri undangan adalah suatu kesenangan tersendiri untuk saya.Selain sangat mencintai kain tradisional saya juga sangat suka dengan pakaian perempuan khas Indonesia ini," jelasnya di keterangan foto Instagram pada 8 Agustus 2019.

Baca juga: Pertanyaan Ani Yudhoyono Saat Annisa Pohan Kuliah S2

Menurut perempuan 38 tahun ini, kebaya hitam yang dikenakannya merupakan pemberian mendiang ibu mertua, Ani Yudhoyono. Ia berencana akan mewariskan kebaya tersebut kepada putrinya, Almira Tunggadewi Yudhoyono atau Aira.

Selain berkebaya hitam sarat makna tersebut, Annisa terlihat mengenakan selendang berwarna merah dihiasi motif. Rambut panjang hitamnya dikuncir setengah rapi. Tas pesta berwarna putih semburat abu-abu melengkapi penampilannya.

3. Songket

Saat menghadiri acara malam Puspawarni Indonesia persembahan Yayasan Batik Indonesia, Perempuan untuk Negeri, dan Dewan Kerajinan Nasional atau Dekranas pada pertengahan Maret 2020 silam, Annisa memadukan kebaya pink detail payet dengan kain dan selendang songket Batak.

Mengutip laman Facebook Songket Sadum Sutera Vanny pada Jumat, 13 Maret 2020, dijelaskan bahwa Annisa mengenakan songket motif batak karya perajin Vany Songket Gallery. Motif yang dipakainya adalah Maragam Ragam dan dianggap sesuai karakter Annisa Pohan yang selalu simpel dan anggun.

Saya terharu saat Annisa Pohan mengunjungi galeri, harapan saya semua motif-motif Batak semakin berkembang dan semakin banyak digemari masyarakat," tulis Vany.

Annisa Pohan memakai ragam perhiasan khas Batak guna melengkapi tampilannya. Mulai dari kalung, bros, hingga anting nuansa keemasan dan ukuran besar. Riasan Annisa tampak flawless berkat tangan dingin makeup artist Barry Irawan. Lipstik pilihannya senada dengan warna kebaya. Gaya rambut Annisa disanggul modern dengan sedikit sasak tinggi di bagian atas rambut.

SILVY RIANA PUTRI | EKA WAHYU PRAMITA