Pertanyaan Ani Yudhoyono Saat Annisa Pohan Kuliah S2

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Annisa Pohan saat wisuda S2. Foto: Instagram

Annisa Pohan saat wisuda S2. Foto: Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAnnisa Pohan mengunggah beberapa foto lama yang berkesan di akun Instagram. Pada Sabtu, 6 Juni 2020, Annisa Pohan menampilkan foto saat dia diwisuda setelah berhasil meraih gelar master.

Annisa Pohan kuliah pasca-sarjana di Magister Manajemen Universitas Indonesia. Setelah belajar selama 1,5 tahun, akhirnya dia menuntaskan kuliahnya pada 2013.

"Akhirnya bisa tidur nyenyak lebih dari empat jam," tulis Annisa Pohan menyampaikan apa yang ada di dalam pikirannya saat wisuda. Musababnya, selama kuliah S2, dia harus pandai membagi waktu antara mengurus anak dan suami, bekerja, bergerak di yayasan sosial.

Dia harus mengerjakan semua itu sekaligus menggarap tugas kuliah, membaca buku wajib dari dones, kerja kelompok, mentoring, diskusi, seminar, dan lainnya. "Luar biasa perjalanan mengambil gelar Magister Manajemen ini. Saya jauh lebih serius dan fokus menjalankannya dibanding ketika S1," tulis Annisa Pohan.

Annisa Pohan. Foto: Instagram

Di kelas pun Annisa Pohan terbilang yang paling senior. Di kelas reguler itu, teman-teman kuliahnya sebagian besar adalah anak muda yang baru lulus S1. Annisa Pohan mengingat bagaimana keluarga besar begitu mendukung upayanya untuk meraih gelar master.

Menurut Annisa Pohan, Ani Yudhoyono atau biasa dipanggil Memo, begitu merisaukannya. "Ibu mertua saya Memo @aniyudhoyono khawatir melihat saya pusing dengan S2," tulis Annisa.

Setiap kali bertemu, Ani Yudhoyono selalu bertanya, "apa yang bisa Memo bantu mam?" Annisa Pohan begitu tersentuh dengan pertanyaan ini. Dulu, Ani yudhoyono juga kuliah sambil mengurus rumah tangga. "Jadi Memo tahu betapa riweuhnya," tulis Annisa Pohan.

Annisa Pohan berfoto bersama kedua orang tuanya saat diwisuda S2. Foto: Instagram

Perempuan 38 tahun itu juga bahagia karena mampu mewujudkan keinginan ayahnya, Aulia Pohan, agar anak perempuannya itu meraih gelar master. Pun begitu dengan sang suami, Agus Harimurti Yudhoyono yang memberikan dukungan agar Annisa tidak menunda mengambil program pasca-sarjana.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."