Selain Menyelamatkan Nyawa, Simak 6 Manfaat Donor Darah

Ilustrasi donor darah (Pixabay.com)

kesehatan

Selain Menyelamatkan Nyawa, Simak 6 Manfaat Donor Darah

Selasa, 16 Juni 2020 21:06 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti kita ketahui bersama, donor darah salah satu cara menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang membutuhkan tambahan darah. Ternyata tindakan baik itu juga mendulang manfaat bagi si pendonor darah. Mulai dari menyeimbangkan kadar zat besi, bakar kalori hingga kelola tekanan darah dalam jangka panjang.

Berikut sejumlah manfaat yang bisa dirasakan saat Anda mendonorkan darah seperti dikutip dari laman Boldsky

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Donor darah membantu menjaga kadar zat besi, mengurangi risiko masalah kardiovaskular, dan juga membantu menjaga irama jantung Anda. 

2. Mengelola Tekanan Darah

Salah satu manfaat penting dari mendonorkan darah adalah mengendalikan tingkat tekanan darah tinggi. Ketika Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, jantung yang sehat itu baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Membakar Kalori

Menurut Universitas California, Amerika Serikat, seseorang dapat membakar sekitar 650 kalori saat donasi satu liter darah. Selain itu, berdampak baik untuk obesitas, penyakit kardiovaskular, hingga  gangguan kesehatan lainnya.

4. Mencegah Hemochromatosis

Donor darah juga termasuk mengurangi risiko hemochromatosis, kondisi kesehatan yang timbul karena penyerapan zat besi yang berlebihan oleh tubuh. Penyebabnya antara lain alkohol, anemia, dan gangguan lainnya. Donor darah secara teratur akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh.

5. Mengurangi Risiko Kerusakan Hati

Ketika tingkat zat besi dalam tubuh Anda berlebihan, itu meningkatkan risiko gagal hati dan kerusakan pada pankreas. Karenanya, mendonorkan darah membantu menghilangkan zat besi tambahan; dan ini, pada gilirannya, membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.

6. Merangsang Produksi Sel Darah

Salah satu manfaat kesehatan sentral lainnya dari donor darah adalah membantu menstimulasi produksi sel darah baru, yang menebus kehilangan darah dan dengan demikian membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.