Tips Atasi Dampak Makan Berlebih Saat Lebaran dengan Air Lemon

Ilustrasi jus lemon. boldsky.com

kesehatan

Tips Atasi Dampak Makan Berlebih Saat Lebaran dengan Air Lemon

Selasa, 26 Mei 2020 08:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam hidangan lezat tersaji saat Lebaran. Bagai panas setahun dihapus dengan hujan sehari, di Hari Raya Idul Fitri, orang bisa melahap semua makanan enak tadi seolah lupa kalau sudah sebulan berpuasa.

Tubuh kemudian beradaptasi dari yang semula melambat karena tak ada asupan yang diolah oleh pencernaan, jadi begitu cepat seketika banyak makanan yang disantap. Akibatnya, tak jarang orang mengalami sembelit dan berat badan langsung melonjak setelah Lebaran.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa mencoba minum larutan air lemon atau biasa disebut infused water lemon. Mengutip laman Sehatq, beberapa orang percaya minum infused water lemon di pagi hari bisa mencegah sembelit. Minuman menyegarkan ini juga mampu menyehatkan pergerakan usus.

Kandungan antioksidan dan polifenol dalam lemon juga dapat menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 173 wanita dengan berat badan berlebih, ditemukan bahwa meningkatkan konsumsi air dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh, terlepas dari diet atau aktivitas fisik yang dilakukan. Penelitian ini dimuat dalam jurnal Obesity.

Ilustrasi air lemon. Unsplash.com/Fransesca Hotchin

Air lemon juga diyakini memiliki efek yang sama seperti air putih untuk membantu perut lebih kenyang. Dengan begitu, rutin meminumnya berpotensi untuk menjadi cara yang efektif untuk mengurangi asupan kalori.

Setelah mengetahui manfaat minum perasan air lemon, berikut cara membuat infused water lemon yang segar dan menyehatkan.

  • Bersihkan lemon di bawah air mengalir dan gosok kulitnya untuk menghilangkan debu, bakteri, dan pestisida.
  • Potong lemon menjadi bagian kecil. Buang bijinya.
  • Isilah satu gelas atau tempat minum dengan air putih
  • Masukkan potongan lemon tadi.
  • Aduk seluruh bahan yang sudah masuk ke dalam air lalu simpan di dalam kulkas selama 2 sampai 4 jam. 
  • Infused water lemon sudah siap disajikan.

Jika ingin berkreasi dan menambah cita rasa air lemon, Anda bisa menambahkan madu, potongan buah jeruk, kiwi, atau buah beri. Mentimun juga bisa jadi bahan yang mempercantik infused water lemon.

SEHATQ