Reisa Broto Asmoro Tekankan Pentingnya PHBS saat Pandemi Covid-19

Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro menjawab pertanyaan saat wawancara di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat 12 Juni 2020. Dokter yang bernama asli Reisa Kartikasari ini ternyata keluarganya berasal dari Kota Solo dan memiliki gelar kebangsawanan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

kesehatan

Reisa Broto Asmoro Tekankan Pentingnya PHBS saat Pandemi Covid-19

Sabtu, 13 Juni 2020 22:40 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Reisa Broto Asmoro, anggota komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengajak masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan sebagai bagian dari Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS di masa pandemi Covid-19.

"Itu utamanya menjaga kesehatan, menjaga kesehatan tubuh, menjaga kesehatan lingkungan," kata Reisa Broto Asmoro kepada Antara di Graha BNPB, Jakarta, pada Jumat, 12 Juni 2020. 

Ia menjelaskan pola hidup sehat dimulai dari konsumsi makanan bergizi, banyak minum air putih, cukup tidur untuk mengurangi stres, dan rutin berolahraga. Khusus untuk olahraga, ibu dua anak itu lebih memilih olahraga ringan dalam ruangan dan dilakukan bersama keluarga.

"Olahraga di rumah jadi andalan, selain untuk safety keselamatan juga efisiensi waktu, dan bonding time sama keluarga, kita suka yoga, treadmill bareng aja sudah jadi seru, apalagi anak-anak saya masih kecil," ungkap dokter yang sempat menjadi pembawa acara "Dr. OZ Indonesia" itu.

Menurut perempuan 34 tahun ini, normal baru juga jadi momen semakin mendekatkan anggota keluarga. 

"Manfaatkan momen ini untuk quality time dan bonding time dengan anak- anak, ini akan jadi momen yang sampai mereka dewasa tidak akan terlupakan," ujar Runner Up Puteri Indonesia 2010 itu.

Meski saat normal baru sejumlah pusat perbelanjaan dan tempat wisata sudah mulai dibuka, Reisa menyarankan untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah. Namun, jika terpaksa harus meninggalkan rumah Reisa menekankan untuk agar terus menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker.

"Dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru ini kita tetap harus waspada diusahakanlah untuk tetap berada di rumah, tapi kalau misalnya terpaksa harus di luar rumah, maka harus siap disiplin menjalankan protokol kesehatan, jadi jangan lengah," ungkapnya.