5 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Keluar Rumah di New Normal

Pengunjung antre untuk mencuci tangan saat berada di halaman salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kupang, NTT, Selasa, 9 Juni 2020. Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Kupang kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam rangka menyambut tatanan new normal di daerah itu. ANTARA/Kornelis Kaha

kesehatan

5 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Keluar Rumah di New Normal

Kamis, 11 Juni 2020 16:19 WIB
Reporter : Arkhelaus Wisnu Triyogo Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Masyarakat saat ini memasuki masa new normal pandemi Covid-19. Artinya, kendati wabah corona belum berakhir, pemerintah mengizinkan masyarakat beraktivitas seperti sedia kala dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Istilah new normal mengacu pada perubahan perilaku manusia setelah wabah corona dengan menerapkan protokol pandemi Covid-19. Di dunia ekonomi dan bisnis, new normal mengacu pada kondisi keuangan setelah krisis ekonomi pada 2007-2008 dan resesi global 2008-2012.

Dengan begitu, siapapun yang beraktivitas di luar rumah wajib mengikuti ketentuan untuk mencegah penularan Covid-19. Mereka hasus membekali diri dengan memakai dan membawa berbagai perlengkapan untuk mencegah penularan virus corona.

Berikut daftar perlengkapan yang wajib dibawahsaat keluar rumah di masa new normal:

  1. Masker atau pelindung wajah

    Pakai masker setiap kali keluar rumah dan bawalah masker cadangan di dalam tas. Kamu bisa memilih masker kain atau masker sekali pakai. Masker berfungsi menghindari percikan dahak atau air liur saat berada di dekat orang lain. Jangan membuka masker dengan memegang sisi depan, tapi bukalah dengan cara membuka tali yang berada di kuping atau bagian belakang kepala. Jika memakai masker kain, cucilah setiap kali habis digunakan.

    Topi dengan face shield atau pelindung wajah menjadi tren baru. Ada yang berbentuk baseball cap atau bucket hat. Jika kamu membeli topi face shield, pilih yang memiliki pelindung hingga di bawah dagu.

  2. Hand sanitizer

    Jika tidak menemukan wastafel untuk mencuci tangan, hand sanitizer sangat berguna dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tangan. Terlebih jika kamu berada di tempat umum atau bepergian dengan menggunakan transportasi publik.

  3. Tisu basah

    Tisu basah antibakterial merupakan alternatif jika tidak ada hand sanitizer. Tisu basah juga berguna untuk membersihkan alat makan di tempat umum, memegang gagang pintu, dan lainnya.

  4. Alat makan pribadi

    Membawa alat makan pribadi, seperti sendok dan garpu, akan lebih baik dibanding menggunakan alat makan yang ada di tempat umum. Saat ini sudah banyak tersedia perlengkapan makan yang praktis dan mudah dibawa dalam tas.

    Selain alat makan sendiri, umat muslim juga disarankan membawa peralatan salat sendiri, seperti sajadah dan mukena.

  5. Helm

    Jika memungkinkan, bawalah helm sendiri agar lebih aman saat bepergian menggunakan jasa ojek online.

ARKHELAUS WISNU | BERBAGAI SUMBER