Kuliner Waffle Renyah dari Brown Fox di Ragunan

Waffle di Kafe Brown Fox. Foto: Instagram

kuliner

Kuliner Waffle Renyah dari Brown Fox di Ragunan

Kamis, 11 Juni 2020 15:00 WIB
Reporter : Nita Dian Afianti Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Para pecinta waffle mesti mencoba hidangan waffle di Brown Fox, sebuah kafe mungil di tepi Jalan Taman Margasatwa, Ragunan, Jakarta Selatan. Panasnya udara Ibu Kota teredam dalam setangkup waffle Salted Caramel, sebuah waffle dengan topping es krim vanila.

Bagi yang enggan keluar rumah atau merasa terlalu jauh, bisa memesan via daring. Jangan khawatir waffle berubah menjadi lembek karena es krim keburu meleleh sebelum sampai di rumah. Sebab es krim, waffle, saus karamel, dan almond panggang dibungkus terpisah.

Soal rasa, si Brown Fox piawai menjaganya seperti senikmat makan di tempat. Asin dan manis dengan sensasi dingin berbaur imbang di atas kulit waffle yang renyah. "Waffle-nya lembut sekaligus renyah. Karamelnya enggak nyelap karena ada rasa manis dan asin," tutur Syadza yang sudah menjdi langganan di kafe itu.

Selain menyediakan Salted Caramel, Brown Fox menyajikan aneka waffle manis dengan potongan buah, seperti pisang, peach, stroberi, atau campuran beri. Setiap waffle dilengkapi dengan satu scoop es krim. Jika satu dirasa kurang, pelanggan dapat memesan ekstra es krim rasa vanila, stroberi, cokelat, matcha, coffee and cream, atau black sesame. Tentu dengan ekstra harga pula, yakni Rp 15.400 per scoop.

Waffle di Kafe Brown Fox. Foto: Instagram

Tidak semua waffle tersaji manis. Brown Fox juga membuat aneka waffle gurih yang lebih dari mengenyangkan untuk sekadar menjadi camilan. Salah satu yang unik adalah Okonowaffu. Waffle ini terinspirasi oleh jajanan Jepang okonomiyaki. Bahannya pun mirip, yaitu bacon sapi, kol iris, daun bawang, dan taburan dried bonito—remahan lebar setipis kulit bawang dari olahan ikan.

Hanya, adonan dasar yang menjadi alas okonomiyaki diganti dengan waffle yang membal. Pada tahap akhir penyajian, Okonowaffu dilumuri mayones serta saus berbahan tiram dan shoyu. Menurut Syadza, kedua lumuran ini mengukuhkan rasa khas okonomiyaki ala Brown Fox. "Mayones dan sausnya segar."  

Brown Fox menyuguhkan pilihan makanan dan minuman yang cukup variatif. Sayangnya, beberapa menu berstatus 'out of stock' untuk pemesanan bawa pulang. Tapi, untuk tipe pemesanan ini, sering ada diskon khusus yang lumayan bikin hemat kantong. Misalkan ada potongan harga untuk Strawberry Yoghurt atau seri olahan Yakult di hari berbeda.

Waffle di Kafe Brown Fox. Foto: Instagram

Strawberry Yoghurt terbuat dari yoghurt putih dan endapan stoberi halus di dasar gelas. "Stroberinya asam dan segar. Bikin melek kalau diminum siang begini," tutur Davina, adik Syadza. Minuman segar Brown Fox lainnya yang bikin melek saat tengah hari bolong adalah Es Kopi Susu Bombon. Campuran kopi, brown sugar, dan susu kental manis ini pas diseruput di sela menyantap Waffle Slice original isi kacang merah-cokelat.

Berbeda dengan Okonowaffu yang membal, Waffle Slice dibuat lebih tipis dan padat. Satu paketnya terdiri atas dua potong waffle dengan pilihan isi Oreo, cokelat, kacang merah, keju, dan pisang. Pelanggan boleh mengombinasikan maksimal dua filling. Sedangkan untuk kulit waffle-nya, Brown Fox menyediakan rasa original, matcha, cokelat, dan varian terbaru, charcoal.

Walau Brown Fox melabeli diri sebagai spesialis waffle dan kopi, makanan berat seperti pasta dan donburi juga tersedia. Tapi ada juga Gyu Tan Don dalam daftar menu. Irisan tipis lidah sapi premium ini bercita rasa gurih, sedikit manis, tapi pedas. Untuk cabai, pelanggan bisa menyesuaikan level pedas sesuai dengan kemampuan lidah: tidak pedas sama sekali, sedikit pedas, sedang, atau pedas.