Reisa Broto Asmoro Bagi Kiat Memakai Masker yang Tepat

Reisa Broto Asmoro. Instagram.com/@reisabrotoasmoro

kesehatan

Reisa Broto Asmoro Bagi Kiat Memakai Masker yang Tepat

Rabu, 10 Juni 2020 07:40 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Reisa Broto Asmoro juru bicara Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 membagikan tips memakai masker kain yang tepat di tengah pandemi Covid-19. Masker menjadi barang bawaan wajib ke mana pun untuk mencegah penularan virus corona. Dengan memakai masker yang tepat, kita dapat terhindar dari droplet atau percikan seseorang saat batuk, bersin atau berbicara.

Hal pertama yang diingatkan Reisa adalah masker harus dipakai menutupi hidung dan dagu.

"Penggunaan masker harus tepat, misalnya menutupi hidung sampai dengan dagu dengan tidak menaik-turunkan masker, tidak menyentuh bagian depan setelah digunakan beberapa saat," ujarnya dalam konferensi pers, di Jakarta pada Selasa, 9 Juni 2020.

Perhatikan pula cara melepas maskernya, ungkap dokter Reisa. Dimulai dari memegang bagian tali dan tidak menyentuh bagian kain. Lalu, masker bekas pakai langsung dimasukkan ke kantong plastik agar tidak bersentuhan dengan barang lain.

Dokter Reisa Broto, tim komunikasi publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19. Foto: Tangkapan layar YouTube BNPB Indonesia

Reisa juga mengimbau agar masker hanya digunakan maksimal selama 4 jam dan kemudian diganti dengan masker bersih lain.

Kendati masker melindungi diri dan orang lain dari penularan Covid-19, masyarakat tetap diimbau untuk menghindari kerumunan.Selain itu, protokol kesehatan lain, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga wajib dilakukan.

"Walau sudah memakai masker, WHO (organisasi kesehatan dunia) tetap menyarankan agar kita menghindari kerumunan," imbaunya.