7 Cara Mudah Memahami Resep, Jangan Baca Sambil Masak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi koki/memasak. Shutterstock.com

Ilustrasi koki/memasak. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang jadi lebih rajin memasak di rumah selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Hal itu bukan masalah bagi orang yang memang hobi memasak. Tapi tantangan tersendiri bagi mereka yang baru belajar memasak. Salah satu andalannya adalah meniru resep di buku masakan atau video koki profesional memasak.

Ternyata, membaca resep pun ada triknya untuk menghindari kebingungan atau kekacauan selama proses memasak. 

Berikut beberapa tips mudah membaca resep seperti dikutip dari laman Indian Express pada Kamis, 4 Juni 2020

1. Baca atau tonton keseluruhan resep sekaligus

Para ahli menyarankan Anda membaca atau menonton semuanya sekaligus sebelum mulai memasak, untuk membuat persiapan yang diperlukan. Ini jauh lebih baik dibandingkan Anda membacanya sambil memasak. Anda bisa menghindari kekurangan bahan atau peralatan selama memasak yang bisa membuat bingung.

2. Siapkan semua bahan dan alat sebelum mulai

Blogger dan penulis Jacqueline Weiss menunjukkan dalam sebuah artikel di tasteofhome.com bahwa sebelum Anda memulai proses memasak, siapkan semuanya, mulai dari bahan-bahan hingga peralatan dan barang-barang penting lainnya.

3. Buat perkiraan waktu sendiri

Sebagian besar resep dari koki profesional memberi estimasi waktu pembuatan. Tapi Anda perlu membuat sketsa periode waktu untuk diri sendiri, sesuai kecepatan Anda atau tugas lain yang mungkin perlu Anda selesaikan selama waktu tersebut. Beberapa resep perlu jeda, ada pula beberapa sub-resep bisa menambah waktu memasak.

4. Cari sub-resep

Beberapa makanan memiliki sub resep, misalnya untuk saus atau kuah. Ini butuh waktu tambahan untuk memasak. Jadi bacalah atau perhatikan resepnya dengan hati-hati untuk memeriksa setiap persiapan tambahan dalam resep tersebut.

5. Andalkan indera

Menurut sebuah artikel di Vox, Anda perlu mencatat waktu memasak untuk setiap makanan sebelum melangkah ke tahap berikutnya, tetapi jangan bergantung sepenuhnya. Kadang-kadang, Anda mungkin perlu menumis bumbu sedikit lebih lama atau menggoreng melampaui durasi yang disebutkan agar makanan berubah warna menjadi coklat keemasan, dan sebagainya.

Jadi andalkan indera peraba, penglihatan, dan penciuman Anda, dan masaklah sesuai kebutuhan.

6. Periksa bahan-bahan yang terbagi

Beberapa bahan dapat digunakan lebih dari satu kali pada berbagai tahap pembuatan hidangan. Jadi, pastikan untuk mencatat itu dan mengatur proporsi bahan yang memadai. Juga pisahkan sesuai kelompoknya.

7. Memahami kosakata memasak

Tidak semua dari kita terbiasa dengan kosakata memasak spesifik, misalnya blanch (memasak sayuran dengan sangat cepat dalam air mendidih, lalu akan disiram dengan air dingin atau air es) atau dredge (membumbui daging, ayam atau ikan dan merendamnya dalam waktu beberapa lama agar bumbu meresap).

Cari tahu apa yang mereka maksudkan atau tonton video untuk melihat bagaimana hal itu dilakukan agar Anda tidak merasa bingung.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."